246633781-4-Regionalisme-Di-Amerika.ppt - Latar Belakang:...

This preview shows page 1 - 8 out of 22 pages.

The preview shows page 6 - 8 out of 22 pages.
Background image
Latar Belakang:Secara Geografis, Amerika dibagi menjadi 3 sub region, yakni Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika SelatanSecara Politis, terutama dikaitkan dengan perkembangan tatanan internasional, benua ini dibagi menjadi dua: Amerika Latin dan Western HemisphereRegionalisme di benua Amerika bisa ditelusuri sejak tahun 19800-an saat Amerika Tengah dan Selatan menentang kolonialisme Spanyol. Gerakan ini dipimpin oleh Simon Bolivar, Jose de san Martin, dan Fransisco Morazan yang dikenal dengan istilah Pan Amerika.
Pan Amerika: adalah sebuah pergerakan yang berupaya untuk menciptakan, mengembangkan dan menata hubungan, asosiasi dan kerja sama di antara negara-negara bangsa Amerika dalam menyelaraskan kepentingan bersama, baik secara diplomatis, politis dan ekonomis dan sosial.Setelah memperoleh kemerdekaan, mereka malah terlibat konflik dan peperangan satu sama lain. Hal ini membuat Pan Amerika terpuruk cukup lama, meski Pan Amerika mengilhami banyak hal dalam hal kerjasama antar negara dan mengalami metamorfosa secara perlahan.
Organization of American States (OAS)Merupakan organisasi regional dari negara-negara Western Hemisphere (belahan bumi barat)Merupakan forum multilateral regional yang dibentuk untuk memperkuat demokrasi, mempromosikan hak azasi manusia, dan membahas masalah-masalah bersama seperti kemiskinan, terorisme, obat terlarang, dan korupsiMemegang mandat yang diberikan oleh pemimpin negara-negara hemispheremelalui The Summits of the Americas (Konferensi-konferensi Tingkat Tinggi Amerika)
Negara-negara anggota membuat sejumlah kebijakan-kebijakan dan tujuan-tujuan utama melalui Majelis Umum, yang mempertemukan menteri-menteri luar negeri hemispheresekali dalam setahun pada sesi regulerSekretariat Umum OAS memikul program-program dan kebijakan-kebijakan yang telah disusun oleh badan-badan politik. Lima sekretariat khusus, mengkoordinasikan usaha-usaha OAS dalam sejumlah bidang, yakni:1. Sekretariat Keamanan Multidimensi; mengkoordinasikan aktivitas OAS dalam melawan terorisme,obat terlarang dan ancaman yang mengancam keamanan publik lainnya.
2. Sekretariat Urusan Politik:Mengatur usaha-usaha untuk mempromosikan demokrasi, memeperkuat pemerintahan demokratis, dan mencegah krisis demokrasi3. Sekretariat Eksekutif untuk Pengembangan Integral:termasuk departemen-departemen yang mempromosikan pengembangan sosial, pengembangan berkesinambungan, perdagangan dan kepariwisataan, pendidikan, kebudayaan, ilmu pengetahuan dan teknologi. Sekretariat ini juga menangani tindakan lanjutan untuk pertemuan para menteri
4. Sekretariat Administratis dan Keuangan:mendukung sekretariat umum dalam bidang-bidang seperti sumber daya

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

End of preview. Want to read all 22 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Term
Fall
Professor
suheri
Tags

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture