1.1 MATERI 1 Kombinasi Bisnis.pptx - KOMBINASI BISNIS(PSAK...

This preview shows page 1 - 12 out of 66 pages.

KOMBINASI BISNIS (PSAK 22)
Image of page 1
Image of page 2
Image of page 3
Image of page 4
LATAR BELAKANG Motivasi Perusahaan menjadi semakin besar akibat pertumbuhan dan perkembangan usaha . Perkembangan dapat terjadi melalui pertumbuhan organik dan unorganik . Pertumbuhan organik adalah pertumbuhan perusahaan secara natural akibat peningkatan skala usaha dan pendirian usaha baru . Ciri-ciri Pertumbuhan Organik : Membutuhkan waktu yang lebih panjang /lama Adanya peningkatan pangsa pasar secara alami atau ekspansi usaha.
Image of page 5
Pertumbuhan unorganik adalah pertumbuhan perusahaan akibat akuisisi dan pembelian perusahaan yang sudah berjalan. Ciri-ciri pertumbuhan unorganik : perusahaan dapat membeli perusahaan lain yang telah menghasilkan produk tersebut dalam waktu cepat perusahaan dapat memperoleh hasilnya. Motivasi umum dalam melakukan kombinasi bisnis adalah ingin agar entitas tersebut menjadi lebih besar dan berkembang . Semakin besar perusahaan, investor akan memperoleh pengembalian investasi, yang semakin besar dari investasinya. Motivasi spesifik kombinasi bisnis antara lain: a. Menjadikan entitas lebih besar . b. Menghindari pengambilalihan oleh entitas lain. c. Mensinergikan sumber daya yang dimiliki
Image of page 6
Keuntungan Kombinasi Bisnis Diperolehnya imbal hasil yang lebih besar kepada pemegang saham, melalui proses sinergi dalam kombinasi bisnis. Jika nilai entitas sebelum bergabung 5 dan 3 maka hasil kombinasi bisnis harus mampu menghasilkan lebih dari 8. .
Image of page 7
Pengembangan Bisnis Pembentukan entitas baru secara internal: Membuka pasar yang lebih luas atau memperluas jaringan produksi. Melalui mekanisme spin-off atau pemisahan satu unit atau divisi perusahaan menjadi entitas anak tersendiri . Setoran modal dari entitas induk berupa aset dari divisi tersebut yang dipisahkan. Contoh : UU Migas tidak membolehkan usaha migas terintegrasi dari hulu ke hilir dalam satu perusahaan. (contoh lain di slide berikutnya) Melalui restrukturisasi entitas sepengendali . Kombinasi Bisnis dilakukan oleh entitas anak yang dimiliki oleh satu entitas induk. Contoh: PT A memiliki entitas anak PT B dan PT C. Kombinasi bisnis dilakukan dengan menjual kepemilikan PT A pada saham PT C kepada PT B. Secara total tidak terjadi perubahan kepemilikan , hanya terjadi perubahan PT C yang awalnya entitas anak berubah menjadi entitas cucu. (lihat contoh di slide berikut)
Image of page 8
Image of page 9
Contoh Spin-Off’ Citilink dari Garuda Indonesia Keputusan Garuda Indonesia memantapkan kemandirian bagi Citilink untuk menjadi maskapai penerbangan sendiri akan memberikan strategi pengembangan dan keuntungan bagi Garuda Indonesia dan Citilink sendiri. Proses spin-off akan memudahkan masing-masing manajemen Garuda Indonesia dan Citilink dalam mengelola bisnis penerbangan. Garuda Indonesia dapat lebih fokus dalam pengembangan layanan penerbangan full services sedangkan Citilink akan lebih berkonsentrasi pada layanan bisnis low cost carrier .
Image of page 10
Aspek Etika dalam Kombinasi Bisnis Kombinasi bisnis mampu mengakselerasi pertumbuhan sehingga dapat berkembang jauh lebih cepat dan menjadikan perusahaan besar sehingga struktur
Image of page 11
Image of page 12

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 66 pages?

  • Fall '19

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture