uts bhs indo .docx - Soal B.indonesia 1 1 Jelaskan hal-hal yang menyebabkan ragam bahasa sebutkan macam-macamnya Hal-hal yang menyebabkan ragam bahasa

uts bhs indo .docx - Soal B.indonesia 1 1 Jelaskan hal-hal...

This preview shows page 1 - 3 out of 37 pages.

Soal B.indonesia 1 1. Jelaskan hal-hal yang menyebabkan ragam bahasa, sebutkan macam-macamnya! Hal-hal yang menyebabkan ragam bahasa ialah dialek, aksen, laras, gaya dari suatu daerah,Indonesia adalah negara yang memiliki banyak suku dan budaya tentu setiap suku mempunyai bahasa daerah masing-masing dengan aksen yang berbeda termaksud variasi bahasa baku itu sendiri. Macam-macam ragam bahasa : Ragam baku . Ragam cakapan (ragam akrab) Ragam hormat Ragam kasar Ragam lisan Ragam resmi Ragam tulis VARIASI BAHASA DALAM SOSIOLINGUISTIK A. Pengertian Sosiolinguistik Sosiolinguistik merupakan ilmu antardisiplin antara sosiologi dan linguistik, dua bidang ilmu empiris yang mempunyai kaitan yang sangat erat. Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang kegiatan sosial ataupun gejala sosial dalam suatu masyarakat. Sedangkan linguistik adalah bidang ilmu yang mempelajari bahasa, atau bidang ilmu yang mengambil objek bahasa sebagai objek kajiannya. Sosiolinguistik menurut Kridalaksana merupakan ilmu yang mempelajari ciri dan pelbagai variasi bahasa, serta hubungan diantara para bahasawan dengan ciri fungsi variasi bahasa itu didalam suatu masyarakat bahasa. Sedangkan menurut Nababan, Sosiolinguistik merupakan pengkajian bahasa dengan dimensi kemasyarakatan. B. Variasi Bahasa Variasi Bahasa disebabkan oleh adanya kegiatan interaksi sosial yang dilakukan oleh masyarakat atau kelompok yang sangat beragam dan dikar 1. Pengertian Dialek Menurut kamus besar bahasa Indonesia varisi bahasa yang berbeda-beda menurut pemakai. Dialek dalam bahasa yunani berarti dialektos yaitu varian dari sebuah bahasa menurut pemakai.Berbeda dengan ragam bahasa yaitu farina dari sebuah bahsa menurut pemakaian. Fariasi ini berbeda dengan yang lain tetapi masih banyak menunjukkan kemiripan sehingga belum pantas disebut bahasa yang berbeda. Al-Azam mendefinisikan dialek sebagai berikut: ةصاخ ةقيرطب قطنلا ىلع ناسإنلا دايتعإ يه ةجهللا Artinya: “Lahjah atau dialek yaitu kebiasaan manusia dalam berucap dengan cara yang khusus.”
Sebuah dialek dibedakan berdasarkan kosa kata, tata bahasa, dan pengucapan (fonologi) jika perbedaannya hanya berdasarkan pengucapan, maka istilah yang tepat ialah aksen dan bukan dialek. 1 [1] Dialek adalah bahasa sekelompok masyarakat yang tinggal di suatu daerah tertentu. Perbedaan dialek didalam sebuah bahasa maka ditentukan oleh letak geografis atau region kelompok pemakainya. Karena itu dialek disebut dialek geografis atau dialek regional. Batas- batas alam seperti genung, laut, sungai dan semacamnya membatasi dialek yang satu dengan yang lain. 2 [2] Dialek adalah variasi bahasa yang digunakan oleh sekelompok anggota masyarakat pada suatu tempat atau suatu waktu.Misalnya, kita di Indonesia mengenal adanya bahasa Jawa dialek Banyumas, bahasa dialek Tegal, bahasa Jawa dialek Surabaya dan sebagainya.Variasi bahasa berdasarkan tempat ini lazim disebut dengan dialek regional, dialek areal atau dialek geografi.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture