BIAYA_MUTU_DAN_LINGKUNGAN_DAN_TOTAL_KUALITAS_MENEJEMEN.docx - BIAYA MUTU DAN LINGKUNGAN DAN TOTAL KUALITAS MENEJEMEN 3.1 Pengertian Mutu Mutu bila

BIAYA_MUTU_DAN_LINGKUNGAN_DAN_TOTAL_KUALITAS_MENEJEMEN.docx...

This preview shows page 1 - 3 out of 19 pages.

BIAYA MUTU DAN LINGKUNGAN DAN TOTAL KUALITAS MENEJEMEN 3.1 Pengertian Mutu Mutu bila diterjemahkan ke dalam bahasa bisnis adalah kemampuan suatu produk untuk memenuhi atau melebihi harapan konsumen ( Hansen and Mowen, 2000, hal: 30 ) Definisi yang lebih rinci tentang mutu suatu produk dan jasa adalah Keseluruhan gabungan karakteristik produk dan jasa dari pemasaran, rekayasa, produksi, dan pemeliharaan yang membuat produk dan jasa yang digunakan memenuhi harapan-harapan pelanggan (Feigenbaum, 1983, hal:7). Untuk menentukan dan mengevaluasi hingga tingkat mana produk atau jasa mendekati keseluruhan gabungan karakteristik diatas, maka diperlukan adanya pengukuran mutu. Mutu didefinisikan sebagai (fitness for use) kepuasaan guna yang lebih berorientasi pada konsumen, barang, jasa, keamanan, dan kenyamanan dalam mempergunakan serta dapat memenuhi selera (Juran dan Gyrna, 1980, hal: 793). Bagi konsumen mutu berarti kemudahan dalam memperoleh barang, keamanan, dan kenyamanan dalam mempergunakannya serta dapat memenuhi selera. Dari beberapa definisi diatas dapat disimpulkan bahwa mutu adalah keseluruhan ciri atau karakteristik produk atau jasa dalam tujuannya untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan. Sehubungan dengan hal ini, ada dua jenis mutu yaitu (Supriyono, 1994: 377): a. Mutu rancangan (Quality of Design) Adalah suatu fungsi berbagai spesifikasi produk. Mutu rancangan yang lebih tinggi biasanya ditunjukkan oleh dua hal yaitu tingginya biaya pemanufakturan dan tingginya harga jual. b. Mutu kesesuaian (Quality of Conformance) Adalah suatu ukuran mengenai bagaimana suatu produk memenuhi semua spesifikasi, jika produk memenuhi semua spesifikasi rancanagn produk tersebut cocok digunakan.
Image of page 1
Dari dua jenis mutu di atas, mutu kesesuaian harus menerima tekanan yang lebih besar. Ketidaksesuaian untuk memenuhi persyaratan biasanya akan menimbulkan masalah yang lebih besar bagi perusahaan. Sehingga produk yang dihasilkan harus sesuai dengan spesifikasi rancangan dan persyaratan. 3.1.1 Dimensi Mutu Dimensi mutu dapat dideskripsikan dengan harapan pelanggan. Jadi produk atau jasa adalah sesuatu yang memenuhi atau melebihi harapan pelanggan dalam delapan dimensi yaitu (Hansen & Mowen, 2000, hal:6): a. Kinerja (Performance) Adalah tingkat konsistensi dan kebaikan fungsi-fungsi produk. b. Estetika (Aesthetics) Berhubungan dengan penampilan wujud produk (misalnya, gaya dan keindahan) serta penampilan fasilitas, peralatan, personalia, dan materi komunikasi yang berkaitan dengan jasa. c. Kemudahan Perawatan dan Perbaikan (Serviceability) Berhubungan dengan tingkat kemudahan merawat dan memperbaiki produk. d. Keunikan (Fatures) Menunjukkan karakteristik produk yang berbeda secara fungsional dari produk- produk sejenis. e. Reabilitas (Reliability) Berhubungan dengan probabilitas produk dan jasa menjalankan fungsi dimaksud dalam jangka waktu tertentu.
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 19 pages?

  • Summer '19
  • Bu nesti Hapshari

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture