tugas kelompokkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

tugas kelompokkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk - Tugas SIM...

Info iconThis preview shows pages 1–5. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
Tugas SIM Kerangka Makalah Penerapan E-Procurement Pada Pemerintahan Provinsi Jawa Timur Oleh : Andi Khrisna W 040510733 Nafier Khan 040710084 Mahrus S.N 040710863 Departemen Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya 2010
Background image of page 1

Info iconThis preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full DocumentRight Arrow Icon
Abstrak e-Procurement adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk mengelola pengadaan barang/jasa berbasis internet yang didesain untuk mencapai suatu proses pengadaan barang/jasa yang efektif, efisien dan terintegrasi. Government e-Procurement System (Sistem Elektronis Pengadaan Pemerintah/SEPP) merupakan salah satu aplikasi pemerintahan yang juga memiliki fungsi sebagai media transparansi pemerintahan dalam proses pengadaan barang/jasa kepada masyarakat, terutama untuk kalangan dunia usaha, selain itu juga mampu mereduksi biaya yang timbul dalam proses pengadaan dan menimbulkan kompetisi yang sehat antar sesama rekanan. Melihat manfaat yang cukup besar dari penerapan e-Procurement, Pemerintah Kota Surabaya memutuskan untuk menerapkan sistem ini. Dari tahun ke tahun, implementasi dari sistem e- Procurement Pemkot Surabaya terus ditingkatkan kualitasnya. Namun, dari beberapa sumber, didapatkan bahwa ada permasalahan teknis dan non-teknis yang menjadi faktor penghambat dalam proses implementasi. Peningkatan penerapan e- Procurement Pemkot Surabaya dapat diselesaikan dengan melakukan perubahan tata kelola yang membawa pada konsekuensi perubahan pada kuantitas dan kualitas SDM, peningkatan anggaran dan pengetatan regulasi (perangkat hukum).
Background image of page 2
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Berbeda dengan penerapan tehnologi informasi di kebanyakan organisasi swasta yang sudah menggunakan konsep e-commerce secara ekstensif, penerapan konsep e- government dalam organisasi public Indonesia masih tertinggal . Kendala ini yang dihadapai dalam organisasi public bukan semata- mata ketersediaan tehknologi atau dana , tetapi juga menyangkut berbagai persoalan politis dan manajerial yang sangat banyak dan memerlukan upaya pemecahan masalah yang begitu kompleks. Komitmen pimpinan organisasi dan lemahnya sumber daya manusia, misalnya , merupakan dua factor penting yang sering menjadi kendala pengembangan e-government . Tetapi di dalam praktik , ada banyak masalah yang harus diselesaikan sebelum tehnologi informasi itu bener bener dapat dimanfaatkan dalam organisasi public . Tugas ini bermaksud menelaah praktik penerapan e-government dalam organisasi Pemerintah Daerah khususnya di kota Surabaya . Manfaat penerapan e-procurement ini dengan penerapan tehnologi informasi adalah dapat meningkatnya transparansi pelayanan public yang menunjang kepercayaan masayarakat terhadap organisasi public .
Background image of page 3

Info iconThis preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full DocumentRight Arrow Icon
Penerapan e-Procurement di Surabaya adalah berbagai perubahan dan transformasi yang terjadi saat ini menuntut terbentuknya pemerintahan yang bersih, transparan, dan mampu menjawab tuntutan perubahan secara efektif dimana masyarakat memerlukan pelayanan publik mampu yang memenuhi kepentingan masyarakat luas di seluruh wilayah Jawa Timur, dapat diandalkan dan terpercaya, serta mudah dijangkau. Pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan salah satu
Background image of page 4
Image of page 5
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

This note was uploaded on 10/02/2010 for the course ACCOUNTING 10835 taught by Professor 123 during the Spring '10 term at Abu Dhabi University.

Page1 / 39

tugas kelompokkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk - Tugas SIM...

This preview shows document pages 1 - 5. Sign up to view the full document.

View Full Document Right Arrow Icon
Ask a homework question - tutors are online