SIM AKHIR - Abstrak Manajemen rantai pemasok (SCM) adalah...

Info iconThis preview shows pages 1–4. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
Abstrak Manajemen rantai pemasok (SCM) adalah pengelolaan jaringan yang saling berhubungan bisnis yang terlibat dalam penyediaan utama produk dan layanan paket yang dibutuhkan oleh konsumen akhir (Harland, 1996). [1] Supply Chain Management spans semua gerakan dan penyimpanan bahan baku , kerja-di- proses persediaan, dan barang jadi dari titik asal ke titik konsumsi ( rantai suplai ). Definisi lain adalah disediakan oleh Kamus APICS ketika mendefinisikan SCM sebagai desain ", perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pemantauan kegiatan rantai pasokan dengan tujuan untuk menciptakan nilai bersih, membangun infrastruktur yang kompetitif, meningkatkan logistik di seluruh dunia, sinkronisasi pasokan dengan permintaan , dan mengukur kinerja secara global. "
Background image of page 1

Info iconThis preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full DocumentRight Arrow Icon
BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Pada saat ini supply chain management menjadi sorotan dalam dunia industri. Problem pemilihan supplier merupakan salah satu isu penting, karena pemilihan supplier menjadi bagian dari sebuah supply chain maka hubungan tersebut akan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kelangsungan produksi diantaranya industri percetakan. Karena itulah pemilihan supplier menjadi fase yang paling penting pada proses pembelian percetakan. 1.2 Rumusan Masalah Permasalahan yang dibahas dalam tugas akhir ini adalah : 1.Bagaimana memodelkan masalah pemilihan supplier dengan mempertimbangkan harga paling minimum yang ditawarkan oleh supplier , jumlah barang yang ditolak paling minimum dan juga jumlah barang yang terlambat dikirim paling minimum. 2.Bagaimana menyelesaikan model tersebut, sehingga dapat dipilih supplier yang paling potensial 1.3 Batasan Masalah Permasalahan yang akan dibahas dibatasi ruang lingkup pembahasannya, antara lain :
Background image of page 2
pembelian Percetakan Surya Semesta yang dilakukan selama periode Mei 2006 sampai Agustus 2009. 2. Permasalahan diselesaikan dengan pendekatan possibility fuzzy muti- objective programming . 3. Permasalahan pemilihan supplier dengan possibility fuzzy multi-objective programming diselesaikan dengan metode pembobotan ternormalisasi. 1.4 Tujuan Tujuan yang ingin dicapai dalam tugas akhir ini antara lain : 1. Mendapatkan model yang sesuai untuk masalah pemilihan supplier dengan mempertimbangkan harga paling minimum yang ditawarkan oleh supplier , jumlah barang yang ditolak paling minimum dan juga jumlah barang yang terlambat dikirim paling minimum. 2. Mendapatkan penyelesaian dari model yang telah didapatkan sehingga dapat dipilih supplier yang paling potensial. 1.5 Manfaat Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah 1. Memberikan informasi tentang metode alternatif yang dapat digunakan percetakan untuk melakukan proses pemilihan supplier . 2. Memberikan informasi kepada percetakan mengenai performansi dari
Background image of page 3

Info iconThis preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full DocumentRight Arrow Icon
Image of page 4
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

Page1 / 19

SIM AKHIR - Abstrak Manajemen rantai pemasok (SCM) adalah...

This preview shows document pages 1 - 4. Sign up to view the full document.

View Full Document Right Arrow Icon
Ask a homework question - tutors are online