Dessanti - Analytical Review Jurnal

Dessanti - Analytical Review Jurnal - Analytical Review...

Info iconThis preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
Analytical Review Jurnal PENGARUH GENDER, TEKANAN KETAATAN, DAN KOMPLEKSITAS TUGAS TERHADAP AUDIT JUDGMENT 1. GAMBARAN UMUM JURNAL Jurnal penelitian Pengaruh Gender, Tekanan Ketaatan, dan Kompleksitas Tugas Terhadap Audit Judgment” ini dibuat oleh Siti Jamilah, Zaenal Fanani dan Grahita Chandrarin dan dipublikasikan di Simposium Nasional Akuntansi X. Penelitian dalam jurnal ini bertujuan untuk mempelajari dan memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh gender, tekanan ketaatan, dan kompleksitas tugas terhadap penilaian audit yang diambil oleh auditor. Penelitian ini dilakukan di Propinsi Jawa Timur dengan responden dari auditor di Jawa Timur Kantor Akuntan Publik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, dengan kriteria responden yang terdaftar pada Direktori Akuntan Publik yang diterbitkan oleh IAI pada tahun 2003, auditor di Jawa Timur Kantor Akuntan Publik dan tingkat auditor senior dan junior. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner dibagikan sebagai 150 banyak, namun hanya 47 kuesioner diulang. Analisis data menggunakan metode regresi ganda linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gender dan kompleksitas tugas tidak mempengaruhi penilaian audit, tetapi tekanan ketaatan secara signifikan mempengaruhi penilaian audit. 2. MOTIVASI PEMILIHAN JUDUL Adapun motivasi peneliti dalam memilih judul ini telah disebutkan dalam jurnal. Berikut adalah ringkasan dari motivasi pemilihan judul penelitian : 1. Untuk menindaklanjuti kurangnya penelitian empiris yang terdahulu. 2. Adanya ketidakkonsistensian dari hasil penelitian sebelumnya. 3. Untuk menguji konsistensi penelitian – peneltian yang terdahulu.
Background image of page 1

Info iconThis preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full DocumentRight Arrow Icon
4. Penelitian dirasa penting karena kepercayaan masyarakat terhadap akuntan publik sebagai pihak yang independen dalam mengaudit laporan keuangan perusahaan publik adalah sangat besar. Penelitian ini dirancang untuk menguji dan memperoleh bukti empiris tentang pengaruh gender , tekanan ketaatan, dan kompleksitas tugas terhadap audit judgment, sebagaimana dikembangkan dari penelitian Hartanto (1999) dan Chung dan Monroe (2001). 3. PERBEDAAN DENGAN PENELITIAN SEBELUMNYA Mengenai perbedaan dengan penelitian sebelumnya saya akan membandingkan jurnal penelitian “Pengaruh Gender, Tekanan Ketaatan, dan Kompleksitas Tugas Terhadap Audit Judgment” dengan jurnal penelitian sebelumnyanya yang berjudul “Perbedaan Kinerja Auditor Dilihat Dari Segi Gender” yang dibuat oleh Sri Trisnaningsih dan Sri Iswati (yang dipublikasikan di Simposium Nasional Akuntansi VI). Berikut ini adalah perbedaan – perbedaan isi garis besar jurnal : Jurnal sekarang Jurnal terdahulu Rumusan masalah a. bagaimana pengaruh gender terhadap judgment yang diambil oleh auditor ? b.
Background image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

This note was uploaded on 03/17/2011 for the course ECON 212 taught by Professor Made during the Spring '11 term at Abu Dhabi University.

Page1 / 10

Dessanti - Analytical Review Jurnal - Analytical Review...

This preview shows document pages 1 - 3. Sign up to view the full document.

View Full Document Right Arrow Icon
Ask a homework question - tutors are online