Syok_makalah.docx - BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Syok merupakan suatu keadaan gawat darurat yang sering terjadi pada anak akibat adanya

Syok_makalah.docx - BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang...

This preview shows page 1 - 3 out of 35 pages.

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Syok merupakan suatu keadaan gawat darurat yang sering terjadi pada anak akibat adanya kegagalan sirkulasi dalam memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi jaringan. Apabila syok tidak ditangani segera akan menimbulkan kerusakan permanen dan bahkan kematian. Oleh karena itu, perlu pemahaman yang baik mengenai syok dan penanganannya guna menghindari kerusakan organ lebih lanjut. Manifestasi klinis syok diawali dengan penurunan isi sekuncup ( stroke volume) yang disebabkan oleh berkurangnya preload , meningkatnya afterload , atau gangguan kontraksi dan laju jantung. Pada populasi anak, biasanya isi sekuncup dinyatakan sebagai nilai indeks terhadap luas permukaan tubuh yaitu indeks isi sekuncup ( stroke volume index ). Takikardia dan vasokonstriksi perifer merupakan mekanisme kompensasi untuk mempertahankan sirkulasi, perfusi jaringan dan tekanan darah. Apabila syok berkepanjangan tanpa penanganan yang baik maka mekanisme kompensasi akan gagal mempertahankan curah jantung dan isi sekuncup yang adekuat sehingga menimbulkan gangguan sirkulasi/perfusi jaringan, hipotensi, dan kegagalan organ. Pada keadaan ini kondisi pasien sangat buruk dan tingkat mortalitas sangat tinggi. Penanganan syok secara dini dimulai dengan resusitasi cairan secepatnya untuk memperbaiki perfusi dan oksigenasi jaringan. Makin lambat syok teratasi, akan memperburuk prognosis pasien. Keberhasilan resusitasi cairan dapat dilihat pada keadaan penderita yang lebih stabil, laju jantung normal, dan terdapat peningkatan curah jantung serta isi sekuncup. 1.2 Tujuan 1. Mengetahui definisi syok 2. Mengetahui patofisiologi syok 3. Mengetahui klasifikasi syok 4. Mengetahui tatalaksana syok 1.3 Rumusan Masalah 1. Apa definisi syok ? 2. Bagaimana patofisiologi dari syok ? 3. Apasaja klasifikasi serta etiologi syok ? 4. Bagaimana tatalaksana syok ?
Image of page 1
BAB II TINJAUAN PUSTAKA 2.1 Definisi syok Syok adalah syndrome gawat akut akibat ketidakcukupan perfusi dalam memenuhi kebutuhan tubuh. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kebutuhan metabolik (kebutuhan oksigen) atau penurunan pasokan metabolik. Ketidakcukupan akan pasokan oksigen mengakibatkan tubuh merespon dengan merubah metabolisme energi sel menjadi anaerobic, akibatnya dapat terjadi asidosis laktat. Jika perfusi oksigen ke jaringan terus berkurang maka respon system endokrin, pembuluh darah, inflamasi, metabolisme, seluler dan sistemik akan muncul dan mengakibatkan pasien menjadi tidak stabil. Syok adalah proses yang progresif, dimana apabila tubuh tidak mampu mentoleransi maka dapat mengakibatkan kerusakan irreversible pada organ vital dan dapat menyebabkan kematian. Syok memiliki pola patofisiologi, manisfestasi klinis, dan pengobatan berbeda tergantung pada etiologinya. Hypovolemic dan septic syok adalah syok yang paling sering dijumpai pada anak- anak, cardiogenik syok dijumpai pada neonatus yang memiliki kelainan jantung congenital juga pasca bedah kelainan jantung congenital syok bisa terjadi pada anak yang lebih dewasa.
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 35 pages?

  • Summer '20

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes