86753444.pdf - TUTUP BEJANA HEAD Tutup tangki(head adalah bagian tutup atas suatu tangki yang penggunaanya disesuaikan dengan tekanan operasi Tutup

86753444.pdf - TUTUP BEJANA HEAD Tutup tangki(head adalah...

This preview shows page 1 - 3 out of 13 pages.

TUTUP BEJANA ( HEAD ) Tutup tangki (head) adalah bagian tutup atas suatu tangki yang penggunaanya disesuaikan dengan tekanan operasi. Tutup bejana tersebut terbagi menjadi 5 bentuk yaitu : 1. Hemispherical Head (Tutup Bejana bentuk Setengah Bola) Bentuk hemispherical atau setengah bola adalah bentuk yang ideal untuk head atau tutup bejana, karena tekanan dalam bejana tersebut dibagi rata di seluruh permukaan head. Jari-jari (r) dari head sama dengan jari-jari bagian silinder bejana. Biasanya tutup atau head yang berbentuk setengah bola ini digunakan untuk bejana yang menggunakan tekanan tinggi. Suatu tutup bejana setengah bola adalah bentuk yang paling kuat, mampu menahan tekan dua kali lebih banyak dari bentuk tutup torisperikal dilihat dari ketebalan yang sama. Gambar 1. Hemispherical Head Dari segi biaya, pembuatan suatu bejana setengah bola lebih tinggi dibandingkan dengan pembuatan torispherical . karena tutup ini terdiri dari sejumlah kelopak bunga atau Gores. Jumlah Gores tergantung pada ukuran kepala dan ketebalan pelat yang akan digunakan. Kedalaman kepala adalah setengah dari diameter. Hemispherical head juga digunakan dalam aplikasi arsitektur dengan menggabungkan dua belahan bersama untuk membentuk sebuah bola bulat. Aplikasi umum lainnya untuk stainless steel cooking kettles dengan steam jackets. Dari berbagai macam pengujian didapat bahwa untuk tekanan sama di bagian yang silindris dan tutup setengah bola dari suatu bejana, ketebalan dari tutup yang diperlukan adalah separuh silinder tangkinya. Persyaratan Thicknessnya jika thickness pada Hemispherical Heads tidak lebih 0.356 L atau P tidak lebih dari 0.665 SE.
Image of page 1
Adapun formula untuk perhitungan Thickness Required yaitu: Dengan : P = tekanan desain atau tekanan maksimal yang bekerja pada ketel uap (psi atau Pa) S = nilai tegangan dari material (psi atau Pa) E = efisiensi dari pengelasan D = diameter bagian dalam ketel uap (inchi atau mm) L = diameter bagian dalam dari tutup tipe Torishperical (inchi atau mm) t = ketebalan tutup V (inchi atau mm) 2. Tutup bejana bentuk Elliptical (Bentuk Ellips) Tutup bejana bentuk Elliptical dihasilkan dengan perbandingan axis mayor dan minor 2:1 sehingga kekuatan tutup mendekati sama dengan kekuatan pipa shell silinder yang sesuai dengan diameter dalam dan diameter luarnya. Karena alasan ini banyak perusahaan menstandarisasi pembuatan elliptical dished dengan perbandingan axis 2: 1.
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 13 pages?

  • Fall '19

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes