jurnal anggi yang sudah bayu rapiin.docx - PERKAWINAN CAMPURAN DAN AKIBAT HUKUMNYA Oleh Anggi indah mulya sari 1 1700874201112 ABSTRACT Kehidupan

jurnal anggi yang sudah bayu rapiin.docx - PERKAWINAN...

This preview shows page 1 - 3 out of 11 pages.

PERKAWINAN CAMPURAN DAN AKIBAT HUKUMNYA Oleh: Anggi indah mulya sari 1 1700874201112 ABSTRACT Kehidupan masyrakat kini sangat meningkat,kebutuhan yang meningkat membawa suatu negara menjadi terbuka atau melakukan hubungan dengan Negara lain. karena kemajuan teknologi informasi, komunikasi dan transportasi, maka menjadi lazim pula terjadinya perkawinan antar orang berlainan kewarganegaraan, yang disebut dengan istilah perkawinan campuran. Permasalahan yuridis dapat muncul dalam perkawinan campuran, antara lain terkait dengan status kewarganegaraan, baik itu status kewarganegaraan suami atau istri, maupun status kewarganegaraan anak. Masalah ini menarik untuk dianalisis yang bertujuan untuk mendeskripsikan status kewarganegaraan suami, istri dan anak sebagai akibat perkawinan campuran. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa perkawinan campuran tidak selalu harus menyebabkan istri mengikuti kewarganegaraan suami, dan dalam perkawinan campuran dapat menyebabkan status kewarganegaraan ganda bagi anak, tetapi setelah anak tersebut mencapai usia 18 tahun atau sudah kawin walaupun belum berusia 18 tahun, maka ia dapat memilih menjadi Warga Negara Indonesia atau warga negara asing sesuai dengan kewarganegaraan salah satu orang tuanya yang berkewarganegaraan asing. I. PENDAHULUAN Setiap manusia tidak dapat hidup sendiri terpisah dari kehidupan kelompoknya. Sudah merupakan kodrat manusia untuk dapat hidup berdampingan dengan sesamanya dan berusaha untuk meneruskan keturunan dengan cara melangsungkan perkawinan, yaitu pertalian yang sah antara seorang laki-laki dengan seorang perempuan dalam waktu yang cukup lama. 2 Semakin berkembangnya kehidupan manusia saat ini harus pula diikuti dengan melengkapinya dengan perangkat hukum yang telah ada untuk dapat mengatur semua segi kehidupan dalam masyarakat baik masyarakat Nasional maupun masyarakat Internasional dan untuk 1 mahasiswa fakultas.hukum universitas Batanghari jambi 2 Subekti. Pokok-pokok Hukum Perdata , Intermasa, Jakarta,1984, hal 23.
Image of page 1
mendapat kepastian hukum bagi orang Indonesia yang hendak melaksanakan perkawinan dengan orang asing. Lembaga perkawinan sangat penting bagi kehidupan manusia, bangsa dan negara, dan oleh karena itu sudah seharusnya negara memberikan suatu perlindungan yang selayaknya pada keselamatan perkawinan tersebut, Undang-undang yang mengatur tentang perkawinan secara Nasional yang berlaku bagi semua Warga Negara Indonesia yaitu Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan. Saat ini banyak Warga Negara Indonesia yang melaksanakan perkawinan campuran dengan orang asing, sejalan dengan era globalisasi dan dengan semakin cepatnya arus informasi dari luar ke dalam, keadaan inilah yang merupakan salah satu penyebab banyaknya orang Indonesia yang menikah dengan orang asing.
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 11 pages?

  • Spring '18
  • Baju Couple

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes