MemilihMetodePenetapanHargaJual - MEMILIH METODE PENETAPAN...

Info iconThis preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
MEMILIH METODE PENETAPAN HARGA JUAL “Dalam menetapkan harga jual suatu produk ada berbagai metode yang dapat dipakai oleh manajemen dalam suatu perusahaan. Dalam hal ini Cecep Hidayat mengemukakan bahwa: ada 3 (tiga) Metode dalam penetapan harga jual yang dilaksanakan oleh suatu perusahaan, yaitu: 1. Cost Oriented Pricing 2. Deman Oriented Pricing 3. Competition Oriented Pricing 1 Adapun uraiannya adalah sebagai berikut: 1. Cost Oriented Pricing Suatu cara penetapan harga jual yang dinyatakan pada biaya-biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi barang dan menambahkan suatu prosentase tertentu sebagai labanya. Metode ini dapat dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok yaitu: a. Metode Penetapan Harga Biaya-Plus ( Cost Plus Pricing method) Hubungan biaya dengan harga tidak selalu sama. Pengukuran biaya sangat penting apabila pembeli telah setuju untuk membayar harga berdasarkan biaya. Biaya produk sering dijadikan patokan terendah untuk harga jual, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sudah barang tentu tanpa memperhatikan konsep biaya yang digunakan, perusahaan harus selalu menekan biaya sekecil mungkin dengan menerapkan metode produksi dan pemasaran yang paling efisien. Berikut adalah beberapa metode penetapan harga berdasarkan biaya-plus yang dikemukakan oleh Gayle Rayburn dalam bukunya yang berjudul “Akuntansi Biaya” yaitu: 1 Hidayat, Cecep, Op Cit, hal 73-74.
Background image of page 1

Info iconThis preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full DocumentRight Arrow Icon
“Penetapan Harga berdasarkan biaya variable ( variable cost pricing ), menekankan marjin kontribusi dengan membedakan perilaku biaya variable dan tetap. Salah satu bentuk dari penetapan harga berdasarkan biaya variable adalah dengan menambahkan markup terhadap biaya variable hingga mencapai biaya penuh. Para pendukung penetapan harga berdasarkan biaya variable berpendapat bahwa metode ini memungkinkan manager untuk menentukan harga baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang karena hal itu terkait dengan pengaruh perbedaan harga terhadap total biaya tetap. Akan tetapi ada bahayanya bila terlalu memusatkan perhatian kepada biaya variable dan marjin kontribusi. Misalkan perusahaan mempunyai dua produk, yaitu lotion dan sabun dengan laporan operasi bulanan sebagai berikut: --------------------------------------------------------------------------------------------- Lotion Sabun ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Penjualan (masing-masing 1.000 Unit) $ 23.000 $ 16.000 Dikurangi beban variabel $ 15.000 8.000 Marjin Kontribusi $ 8.000 $ 8.000 ---------------------------------------------------------------------------------------------------------------- Sumber: Akuntansi Biaya, Jilid II Karena Lotion dan sabun mempunyai marjin kontribusi yang sama, mungkin ada kecenderungan untuk memperlakukan keduanya dengan cara yang sama
Background image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

This note was uploaded on 01/24/2012 for the course MANAGEMENT 101 taught by Professor Robert during the Spring '11 term at California School of Culinary Arts.

Page1 / 6

MemilihMetodePenetapanHargaJual - MEMILIH METODE PENETAPAN...

This preview shows document pages 1 - 3. Sign up to view the full document.

View Full Document Right Arrow Icon
Ask a homework question - tutors are online