Makalah Supplay Chain Manajemen.docx - Makalah Supplay Chain Manajemen BAB I PENDAHULUAN A Latar Belakang Masalah Dikehidupan yang modern seperi

Makalah Supplay Chain Manajemen.docx - Makalah Supplay...

This preview shows page 1 - 3 out of 9 pages.

Makalah Supplay Chain Manajemen BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Dikehidupan yang modern seperi sekarang ini,tentunya masalah seputar dunia bisnis menjadi semakin maju. Dimana saja, siapa saja, berbondong-bondong untuk membangun dunia usaha (Bisnis). Ada saja cara-cara yang dipergunakan oleh para pelaku bisnis untuk memajukan serta menjalankan bisnisnya dengan efektif dan seefisien mungkin. Banyak cara dilakukan namun terkadang belum mancapai target yang di inginkan. Salah satu contoh yang bisa kita uraikan adalah masalah penyedian produk yang murah, berkualitas dan cepat, belum dapat terkoordinir dengan baik, serta trasportasi dan jaringan belum memadai. Untuk itu para pelaku bisnis harus menyadari bahwasannya, dengan proses yang terstruktur dan perhitungan dalam mengabil keputusan adalah penting untuk kemajuan bisnis tersebut. B. Identifikasi Masalah 1. untuk menyediakan suatu produk yang murah, berkualitas dan cepat, perbaikan di internal perusahaan manufaktur adalah tidak cukup. 2. Peran serta supplier, perusahaan transportasi dan jaringan distributor adalah dibutuhkan. C. Batasan Masalah Untuk menyediakan produk yang murah, berkualitas dan cepat, maka perlu adanya pengunaan konsep yang efektif dan efisien. “Untuk memenuhi tunutan tersebut konsep apa yang akan digunakan ? “ D. Tujuan Tujuan dari karya ilmiah ini, sebagai salah satu tugas mata kuliah Riset Operasional serta membantu dan mempelajari sedikit dari sekian banyak konsep-konsep manajemen agar lebih terstruktur dan kreatif. Salah satu konsep yang akan dibahas dalam karya ilmiah ini yaitu Supply Chain Manajement (SCM). E. Manfaat Untuk sedikit membantu para pelaku-pelaku bisnis dalam menciptakan suatu produk yang murah, berkualitas dan cepat. Serta, memanagemen Sistem transportasi dan jaringan distributor agar lebih terstruktur. F. Metode Penelitian Karya Ilmiah ini disusun menggunakan Metode penelitian Kepustakaan. Yaitu metode penelitian yang mencari sumber dari beberapa artikel-artikel yang telah ada.
Image of page 1
BAB II PEMBAHASAN A. Pengertian Supply Chain Manajement ( SCM ). Supply chain adalah sebuah sistem yang melibatkan proses produksi, pengiriman, penyimpanan, distribusi dan penjualan produk dalam rangka memenuhi permintaan akan produk tersebut . Supply Chain Management (SCM) adalah kegiatan yang melibatkan koordinasi pengelolaan bahan baku/material, informasi bisnis dan arus keuangan dalam hubungan bisnis antar organisasi/perusahaan yang berpartisipasi. SCM diartikan juga sebagai seluruh jenis kegiatan pengolahan komoditas dasar hingga penjualan produk akhir kepada konsumen untuk kemudian dilakukan proses daur ulang bagi produk yang sudah dipakai, sehingga SCM disini bersifat siklus yang berjalan terus-menerus seiring dengan proses bisnis suatu perusahaan.
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 9 pages?

  • Fall '18
  • Exex

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture