ANALISIS AKTIVITAS INVESTASI.docx - ANALISIS AKTIVITAS INVESTASI BAB I PENDAHULUAN A Latar Belakang Aktivitas investasi merupakan aktivitas yang

ANALISIS AKTIVITAS INVESTASI.docx - ANALISIS AKTIVITAS...

This preview shows page 1 - 3 out of 20 pages.

ANALISIS AKTIVITAS INVESTASI BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Aktivitas investasi merupakan aktivitas yang dihadapkan pada berbagai macam resiko dan ketidak pastian yang seringkali sulit diprediksikan oleh para investor.Sebelum seorang investor memutuskan akan menginvestasikan dananya di pasar modal, ada kegiatan penting yang perlu untuk dilakukan, yaitu penilaian dengan cermat terhadap emiten. Investor mempunyai tujuan utama dalam menanamkan dananya kedalam perusahaan yaitu untuk mencari pendapatan atau tingkat kembalian investasi (return) baik berupa pendapatan dividen (dividend yield) maupun pendapatan dari selisih harga jual saham terhadap harga belinya (capital gain). Variabel-variabel yang berpengaruh terhadap kebijakan dividen terdiri dari profitabilitas,likuiditas, investasi dan pembiayaan. Sementara berdasarkan laporan keuangan variabel-variabel tersebut dapat diidentifikasi sebagai berikut: (1) profitabilitas (diukur dengan laba bersih setelah pajak), (2) likuiditas (diukur dari cash ratio dan current ratio), (3) investasi (diukur dari jumlah dana yang ditanamkan pada aktiva tetap operasi), dan (4) pembiayaan (terutama dana yang diperoleh dari utang jangka panjang plus utang jangka pendek) yang diukur dengan rasio leverage.Sedangkan dividen (terutama cash dividend) merupakan tujuan yang diinginkan oleh investor dalam rangka memperoleh pendapatan dari hasil investasinya. Perusahaan yang menunjukkan kendala pembayaran (kekurangan likuiditas) mengarahkan manajemen untuk membatasi pertumbuhan dividen., sehingga perlu dilakukan penelitian hubungan antara ROI dengan dividen serta hubungan antara cash ratio dan current ratio dengan dividen. B. Rumusan Masalah 1. Apa saja yang termasuk aktivitas investasi? 2. Bagaimana analisis persediaan serta dampaknya terhadap neraca dan arus kas? 3. Bagaimana analisis aset tetap dan sumber daya alam? C. Tujuan Makalah 1. Untuk mengetahui aktivitas investasi 2. untuk mengetahui analisis persediaan serta dampaknya terhadap neraca dan arus kas.
Image of page 1
3. Untuk mengetahui analisis aset tetap dan sumber daya alam. BAB II PEMBAHASAN Analisis Aktivitas Investasi Aktiva (assets) merupakan sumber daya yang dikuasai oleh suatu perusahaan dengan tujuan menghasilkan laba.Aktiva dapat digolongkan ke dalam dua kelompok yakni lancar dan tidak lancar. Aktiva lancar (current assets) merupakan sumber daya atau klaim atas sumber daya yang dapat langsung diubah menjadi kas sepanjang siklus operasi perusahaan. Aktiva jangka panjang, juga disebut aktiva tetap atau aktiva tidak lancar merupakan sumber daya atau klaim atas sumber daya yang diharapkan dapat memberikan manfaat pada perusahaan selama periode melebihi periode kini.Aktiva keuangan ( financial Assets) terutama terdiri atas efek (surat berharga atau sekuritas) dan investasi . Aktiva operasi(operatig assets) terdiri atas sebagian besar aktiva perusahaan.Aktiva ini dinilai pada biayanya dan merupakan aktiva operasi produktif yang diharapkan memberikan imbal hasil diatas laba normal.Selanjutnya adalah implikasi akutansi aktiva untuk analisis kredit dan keuntungan berikut penilaian ekuitas.
Image of page 2
Image of page 3

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture