Tugas 1 Bank dan Non Bank.docx - 1 Jelaskan Pengertian dan fungsi Lembaga Keuangan Pengertian Lembaga Keuangan Lembaga keuangan adalah suatu badan usaha

Tugas 1 Bank dan Non Bank.docx - 1 Jelaskan Pengertian dan...

This preview shows page 1 - 3 out of 5 pages.

1 Jelaskan Pengertian dan fungsi Lembaga Keuangan? Pengertian Lembaga Keuangan Lembaga keuangan adalah suatu badan usaha yang mengumpulkan suatu asset dalam bentuk dana dari masyarakat dan disalurkan untuk pendanaan suatu proyek pembangunan serta untuk kegiatan ekonomi dengan mendapatkan hasil dalam bentuk bunga sebesar presentase tertentu dari besarnya dana yang disalurkan. Pengertian Lembaga Keuangan Menurut Para Ahli 1. Pasal 1 UU No. 14/1967 dan diganti dengan UU No. 7/1992 Menurut Pasal 1 UU No. 14/1967 dan diganti dengan UU No. 7/1992 menyatakan bahwa lembaga keuangan merupakan suatu badan ataupun lembaga yang aktivitasnya untuk menarik hasil dana dari masyarakat yang kemudian menyalurkannya kepada masyarakat kembali. 2. keputusan SK Menkeu RI no. 792 Th 1990 Menurut keputusan SK Menkeu RI no. 792 Th 1990 mengungkapkan bahwa lembaga keuangan merupakan semua badan usaha yang berada di suatu bidang keuangan yang melakukan suatu penghimpunan dana, menyalurkan dana kepada masyarakat yang paling utama dalam memberikan biaya investasi pembangunan. 3. kasmir (2005:9) Menurut kasmir mengungkapkan bahwa Lembaga keuangan merupakan untuk semua perusahaan yang berada dibidang keuangan yang dimana suatu kegiatannya, ataukah hanya menghimpun dana atau hanya untuk menyalurkan dana atau mungkin kedua- duanya. 4. Dahlan Siamat Menurut Dahlan Siamat mengungkapkan bahwa lembaga keuangan merupakan suatu badan usaha yang kekayaannya terutama yakni dalam berbentuk suatu aset keuangan yang dibandingkan dengan suatu aset nonfinansial atau aset Riil. 5. Ahmad Rodoni Menurut Ahmad Rodoni mengungkapkan bahwa Lembaga keuangan merupakan suatu badan usaha yang kekayaannya terutama didalam suatu bentuk-bentuk aset keuangan ( Financial assets) maupun non-finansial asset.
Image of page 1
Fungsi Lembaga Keuangan Berfungsi melancarkan pertukaran produk (barang dan jasa) dengan memakai uang dan instrumen kredit. Berfungsi untuk menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan ke masyarakat dalam bentuk pinjaman. Atau dengan kata lain, Lembaga Keuangan menghimpun dana dari pihak yang kelebihan dana dan menyalurkan ke pihak yang kekurangan dana.
Image of page 2
Image of page 3

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 5 pages?

  • Spring '19

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture