Muhamad Aldi Giri Putra (Hukum Kirchoff) (1).docx - LAPORAN...

This preview shows page 1 - 6 out of 25 pages.

LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR 1 HUKUM KIRCHOFF Nama : Muhamad Aldi Giri Putra NPM : 19420055 Grup / Kelompok : 1K3 / 2 Dosen : Mia Karlina, S. ST. POLITEKNIK STTT BANDUNG 2019
Hukum Joule, Muhamad Aldi Giri Putra, 19420055, Politeknik STTT Bandung Email : [email protected] (089602933324) ABSTRAK Hukum Kirchoff menggunakan prinsip rangkaian listrik DC. Praktikum ini dilakukan pada rangkaian seri, paralel, dan gabungan. Hukum kirchoff juga berlaku dalam kehidupan sehari hari yaitu pada rangkaian lampu. Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui kebenaran Hukum Kirchhoff itu sendiri. Percobaan ini dilakukan dengan alat bantu Oscilloscope maupun pengujian melalui aplikasi Matlab di komputer untuk memverifikasi hasil eksperimen yang dilakukan . Eksperimen ini dilakukan menggunakan hambatan berupa resistor dan Oscilloscope digunakan untuk mengukur tegangan.
BAB I MAKSUD DAN TUJUAN 1.1 Maksud dan Tujuan 1. Mampu membaca besarnya hambatan dari resistor. 2. Mampu menyusun serta membedakan rangkaian seri, pararel, maupun gabungan. 3. Mengetahui besarnya nilai tegangan, dan arus di setiap hambatan pada setiap rangkaian dengan menggunakan alat bantu Oscilloscope . 4. Menghitung besarnya nilai tegangan dan arus di setiap hambatan pada setiap rangkaian dengan menggunakan perhitungan Hukum Kirchhoff. 5. Membuktikan serta membandingkan Hukum Kirchoff secara teori, eksperimen, dan validasi matlab.
BAB II TEORI DASAR 2.1 Dasar Teori Hukum Kirchoff ditemukan oleh Gustav Robert Kirchoff yang merupakan ahli fisika asal Jerman. Kirchoff menjelaskan hukumnya ke dalam dua bagian yaitu Hukum I Kirchoff dan Hukum II Kirchoff. Hukum ini pada dasarnya menjelaskan rangkaian sederhana yang terdiri dari lampu, baterai dan saklar yang terhubung satu sama lain. Saat sakelar dalam keadaan terbuka, arus listrik belum mengalir dan lampu tetap padam. Saat sakelar dalam keadaan disambungkan, arus listrik akan mengalir dari kutub positif ke kutub negatif baterai sehingga lampu akan menyala. Agar lebih jelas, yuk kita simak penjelasan Hukum I dan II Kirchoff berikut Hukum I Kirchoff Hukum ini berlaku pada rangkaian bercabang yang berkaitan dengan arah arus saat melewati titik percabangan. Hukum I Kirchoff biasa disebut Hukum Arus Kirchoff atau Kirchoff’s Current Law (KCL). Bunyi Hukum I Kirchoff: Kuat arus total yang masuk melalui titik percabangan dalam suatu rangkaian listrik sama dengan kuat arus total yang keluar dari titik percabangan. Sumber: studiobelajar.com Berdasarkan gambar di atas, besar kuat arus total yang melewati titik percabangan a secara matematis dinyatakan Σ I masuk = Σ I keluar ...(1) yang besarnya adalah I 1 = I 2 + I 3 ...(2).
Hukum II Kirchoff Hukum ini berlaku pada rangkaian yang tidak bercabang yang digunakan untuk menganalisis beda potensial (tegangan) pada suatu rangkaian tertutup.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture