Bahan Ajar PTB.pdf - BAHAN AJAR/DIKTAT PENGANTAR TEORI...

This preview shows page 1 - 7 out of 33 pages.

BAHAN AJAR/DIKTATPENGANTAR TEORI BILANGAN KODE MATAKULIAH: 20P00789SKS: 2 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN AJAR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG 2020
VERIFIKASI BAHAN AJAR Pada hari ini Senin tanggal 6 bulan Agustus tahun 2018 Bahan Ajar Mata Kuliah Pengantar Teori Bilangan Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam telah diverifikasi oleh Ketua Jurusan/ Ketua Program Studi Pendidikan Matematika. Semarang, 14 Agustus 2020 Mengetahui Ketua Program Studi Dosen Pengampu Dr. Mulyono. M.Si NIP.197009021997021001Endang Retno Winarti NIP.195909191981032003
PRAKATA Bahan ajar/diktat Pengantar Teori Bilangan ini dimaksudkan sebagai buku pegangan/refrensi bagi mahasiswa. Konsep-konsep dasar teori bilangan seperti bilangan asli, bilangan cacah, dan bilangan bulat dituliskan dengan jelas melalui contoh-contoh penyelesaian soal sehingga setiap materi dapat dipahami dengan mudah. Setiap materi disertai dengan contoh soal dengan menggunakan operasi hitung sederhana sehingga tiap-tiap materi mudah didalami dan ditanggapi. Selain itu masing-masing materi diakhiri dengan soal-soal latihan untuk mengukur tingkat pendalaman mahasiswa. Pengantar Teori Bilangan memuat pemahaman tentang (1) induksi matematika, (2) keterbagian, (3) algoritma pembagian, (4) konsep dan sifat tentang faktor persekutuan dan kelipatan persekutuan bilangan bulat, (5) bilangan prima, (6) faktorisasi bilangan, dan kongruensi. Pengantar Teori Bilangan terdiri dari delapan bab yaitu: Bab 1: Pendahuluan, yang berisi tentang bilangan bulat, yang mencakup bahasan tentang sistem bilangan bulat, operasi hitung pada bilangan bulat, urutan bilangan bulat. Bab 2: Induksi matematika mencakup bahasan tentang pembuktian suatu pernyataan/rumus matematika dengan induksi matematika; Bab 3; keterbagian membahas tentang definisi keterbagian dan teorema-teorema tentang keterbagian. Bab 4: algoritma pembagian meliputi definisi algoritma pembagian dan teorema-teorema pada algoritma pembagian. Bab 5: konsep dan sifat tentang faktor persekutuan dan kelipatan persekutuan bilangan bulat. Bab 6: bilangan prima, pada bab ini membahas tentang definisi bilangan prima dan teorema-teorema pada bilangan prima. Bab 7: faktorisasi bilangan, dan kongruensi, dibahas tentang faktorisasi bilangan, definisi kekongruenan dan teorema-teorema kekongruenan.
Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah ini membahas tentang induksi matematika, keterbagian, algoritma pembagian, konsep dan sifat tentang faktor persekutuan dan kelipatan persekutuan bilangan bulat, bilangan prima, faktorisasi bilangan, dan kongruensi.
Daftar Isi Bab 1 Pendahuluan Bab 2 Induksi Matematika Bab 3 Keterbagian, Bab 4 Algoritma pembagian, Bab 5 Konsep dan sifat tentang faktor persekutuan dan kelipatan persekutuan bilangan bulat, Bab 6 Bilangan prima, Bab 7 Faktorisasi bilangan, dan kongruensi.
BAB 1 PENDAHULUAN Pada bagian ini akan dibahas tentang bilangan bulat yang mencakup tentang sistem bilangan bulat, operasi hitung pada bilangan bulat, dan urutan pada bilangan bulat.

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

End of preview. Want to read all 33 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Term
Fall
Professor
N/A
Tags

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture