Kalimat majemuk 1.ppt - KALIMAT MAJEMUK DAN KALIMAT EFEKTIF...

This preview shows page 1 - 9 out of 19 pages.

KALIMAT MAJEMUK DAN KALIMAT EFEKTIF
KALIMAT MAJEMUKadalah kalimat yang terdiri dari dua kalimat tunggal menjadi satu kalimat yang dihubungkan oleh kata penghubung/sambung. Oleh sebab itu, kalimat majemuk memiliki induk kalimat dan anak kalimat.
Kalimat majemuk Setaraadalah kalimat yang hubungan antara unsur-unsurnya bersifat sederajat atau setara.Kalimat majemuk setara dicirikan dengan adanya kata penghubung dan, lalu, atau, kemudian, namun, tetapi, sedangkan, dan melainkan.
1. Kalimat Majemuk Setara Sejalanterdiri dari beberapa kalimat yang bisa berdiri sendiri dan dihubungkan dengan konektor seperti dan, sesudah itu, sebelum, ketika dan lain-lain.contoh:-Aku sedang tertidur ketika pamanku datang dari desa.
2. Kalimat Majemuk Setara Berlawanandua buah klausa atau lebih dengan kondisi berlawanan yang berada dalam satu kalimat. Kalimat setara jenis ini dapat diidentifikasikan dengan adanya konjungsi seperti namun, meskipun, tetapi, melainkan, meskipun, dan lainnya.Contoh:– Jason anak yang murah hati tetapi kedua orang tuanya sangat pelit.3. Kalimat Majemuk Setara Hubungan Sebab-Akibatkalimat majemuk ini memiliki 2 klausa yang saling berkaitan namun bisa berdiri sendiri dimana salah satu klausa merupakan akibat dari klausa lainnya, biasanya dihubungkan dengan konektor seperti karena, akibatnya, sehingga dan lain-lain.contoh:-Ani suka begadang setiap malam akibatnya dia sering terlambat pergi ke sekolah.
4. Kalimat Majemuk Setara Penguatkalimat majemuk ini memiliki klausa yang menjadi penguat suatu klausa lainnya. Biasanya kalimat majemuk penguat dicirikan dengan konektor berupa bahkan, terlebih lagi, dan lain-lain.contoh:- Andi sudah lama diingatkan untuk tidak nakal lagi bahkan ibunya sudah menghukumnya berkali-kali.
5. Kalimat Majemuk Setara Pemilihankalimat majemuk ini memiliki klausa-klausa yang merupakan suatu pilihan yang harus dilaksanakan. Jenis kalimat ini biasanya dihubungkan dengan konektor “atau”.contoh:– Berhentilah merokok atau tubuhmu akan rusak karenanya.
6. Kalimat Majemuk Setara Berurutanialah kalimat yang pada klausa-klausanya saling berurutan berkaitan dengan tahapan kronologisnya. Dalam kalimat ini konjungsi yang digunakan ialah lalu, selanjutnya, kemudian, setelah itu, dan lainnya.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture