Course Hero Logo

Revisi tugas 1.doc - Revisi tugas 1 Riset operasi Nama :...

Course Hero uses AI to attempt to automatically extract content from documents to surface to you and others so you can study better, e.g., in search results, to enrich docs, and more. This preview shows page 1 - 3 out of 10 pages.

Revisi tugas 1Riset operasiNama : cicih rosaliaNim : 030980023Upbjj : bandung1.Sebutkan dan jelaskan pendekatan yang biasa digunakan untuk menghitungprobalitasProbabilitas didifinisikan sebagai peluang atau kemungkinan suatu kejadian, suatuukuran tentang kemungkinan atau derajat ketidakpastian suatu peristiwa (event) yangakan terjadi di masa mendatang. Rentangan probabilitas antara 0 sampai dengan 1.Jika kita mengatakan probabilitas sebuah peristiwa adalah 0, maka peristiwa tersebuttidak mungkin terjadi. Dan jika kita mengatakan bahwa probabilitas sebuah peristiwaadalah 1 maka peristiwa tersebut pasti terjadi. Serta jumlah antara peluang suatukejadian yang mungkin terjadi dan peluang suatu kejadian yang mungkin tidak terjadiadalah satu, jika kejadian tersebut hanya memiliki 2 kemungkinan kejadian yangmungkin akan terjadi.Dalam kehidupan sehari-hari kita sering dihadapkan dengan beberapa pilihan yangharus kita tentukan memilih yang mana. Biasanya kita dihadapkan dengankemungkinan-kemungkinan suatu kejadian yang mungkin terjadi dan kita haruspintar-pintar mengambil sikap jika menemukan keadaan seperti itu.Singkatnya, probabilitas adalah harga angka yang menunjukkan seberapa besarkemungkinan suatu peristiwa terjadi, di antara keseluruhan peristiwa yang mungkinterjadi. Contoh : sebuah dadu untuk keluar mata ‘lima’ saat pelemparan dadu tersebutsatu kali adalah 1/6 (karena banyaknya permukaan dadu adalah 6)Rumus : P (E) = X/NP: ProbabilitasE: Event (Kejadian)X: Jumlah kejadian yang diinginkan (peristiwa)Pendekatan Perhitungan ProbabilitaKonsep-konsep probabilitas tidak hanya penting oleh karena terapan-teranpannyayang langsung pada masalah-masalah bisnis akan tetapi juga karena probabilitas
adalah dasar dari sampel-sampel dan inferences tentang populasi yang dapat dibuatdari suatu sampel. Pendekatan perhitungan probabilitas ada tiga konsep untukmendefinisikan probabilitas dan menentukan nilai-nilai probabilitas, yaitu :1. Pendekatan KlasikPendekatan klasik didasarkan pada banyaknya kemungkinan-kemungkinan yangdapat terjadi pada suatu kejadian. “Jika ada a banyaknya kemungkinan yang dapatterjadi pada kejadian A, dan b banyaknya kemungkinan tidak terjadi pada kejadian A,serta masing-masing kejadian mempunyai kesempatan yang sama dan saling asing”.Probabilitas bahwa akan terjadi A adalah P(A) = a / (a+b).dan peluang bahwa akan terjadi b adalah: P (B) = b/a+bContoh:Pelamar pekerjaan terdiri dari 10 orang pria (A) dan 15 orang wanita (B). Jika yangditerima hanya 1, berapa peluang bahwa ia merupakan wanita?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

End of preview. Want to read all 10 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Term
Fall
Professor
NIRINA
Tags

Newly uploaded documents

Show More

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture