GROUP 2_ 3.5 LAST PRESENTATION_COOL.pptx - GEOMETRI 3.5...

This preview shows page 1 - 5 out of 19 pages.

GEOMETRI 3.5 Construction Problems 1. ANNESA EKA NORMAN 2. MASKANUR REZKY —Offering D S2 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang
Example 3.5.1 Menggunakan garis apapun, tetapkan jari-jari yang sesuai, dan kemudian buatlah 3 ruas garis dengan panjang yang sama yaitu AB, BC, dan CD. maka AD adalah garis/segmen yang telah dibagi menjadi tiga bagian sama panjang. To divide a given line segment into three equal parts (untuk membagi segmen garis yang diberikan menjadi tiga bagian yang sama) Berdasarkan similarity/kesamaan dapat juga diartikan menjadi To construct any line segment that is divided into three equal parts (untuk membagi segmen garis yang diberikan menjadi tiga bagian yang sama)
Apa saja hal yang diperhatikan untuk memecahkan masalah tersebut? 1. Buat sinar garis dari P membuat sudut dengan PQ 2. Dengan jangka/compass, tentukan jari-jari/radius yang mungkin (convenient), buatlah ruas garis yang kongruen PR’, R’S’, S’Q’ sepanjang sinar garis 3. Hubungkan Q’ dan Q 4. Dengan R’dan S’, gambarlah garis yang sejajar Q’Q yang bertemu di R dan S. 5. Karena proyeksi garis sejajar maka memiliki perbandingan Dan jadi RS = SQ berdasarkan similarity(kesamaan) maka juga berlaku PR = RS Solusi: Diketahui: Garis PQ Akan dicari: Akan membagi garis PQ menjadi 3 bagian yang sama panjang.
Pada konstruksi sebelumnya, dapat dimodifikasi untuk membagi ruas garis ke dalam beberapa partisi yang diinginkan. Solusinya adalah sebagai berikut: construct titik C diantara A dan B 1. Buat sinar garis dari A membuat sudut dengan AB 2. Atur jarak sepanjang p dari A yaitu C’, kemudian buatlah garis yang bertemu AB di C.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture