41798__perdagangan-internasional.pdf - Perdagangan International by Yati S.Pd Neraca Perdagangan dan Neraca Pembayaran Neraca Perdagangan adalah

41798__perdagangan-internasional.pdf - Perdagangan...

This preview shows page 1 - 8 out of 27 pages.

Perdagangan International by : Yati, S.Pd
Neraca Perdagangan dan Neraca Pembayaran Neraca Perdagangan adalah perbedaan jumlah nilai barang yang diekspor suatu negara dengan barang- barang yang diimpor oleh negara tersebut. Neraca Pembayaran adalah perbedaan antara aliran uang yang masuk ke dalam suatu negara dan uang yang mengalir keluar akibat dari perdagangan dan transaksi-transaksi lainnya.
Neraca Pembayaran memiliki komponen Neraca Transaksi Berjalan Neraca Transaksi Modal Neraca Tunai / Neraca Cadangan Internasional memiliki bentuk Seimbang Surplus Defisit membutuhkan Pendanaan Lain bentuknya antara lain Utang Luar Negeri manfaat Memberikan informasi tentang hubungan internasional suatu negara Membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan Memberikan gambaran mengenai pengaruh transaksi ekonomi luar negeri terhadap pendapatan nasional Membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan perekonomian
PENGERTIAN NERACA PEMBAYARAN Neraca pembayaran adalah suatu catatan ringkas dan sistematis dari semua transaksi ekonomi internasional suatu negara dengan negara lain dalam jangka waktu tertentu, biasanya selama satu tahun. Termasuk di dalam transaksi ekonomi internasional antara lain sebagai berikut: 1. Pemindahan hak milik atas suatu barang dari suatu negara ke negara lain. 2. Transaksi jasa antarnegara. 3. Perubahan susunan nilai utang piutang antara suatu negara dengan negara lain. 4. Kekayaan penduduk negara bersangkutan di negara lain. Neraca pembayaran bentuk scontro terdiri atas dua bagian (sisi), sisi debit dan kredit. Sisi Debit digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi yang mengakibatkan kewajiban bagi suatu negara untuk melakukan pembayaran ke luar negeri, dan Sisi Kredit untuk mencatat transaksi-transaksi yang mengakibatkan suatu negara memperoleh pembayaran dari negara lain.
Neraca Transaksi Berjalan ( Current Account ) . Mencatat semua transaksi ekspor dan impor barang, perbandingan nilai ekspor dan impor barang, pendapatan investasi, pembayaran cicilan pokok utang luar negeri, serta saldo kiriman dan transfer uang dari dan ke luar negeri oleh pemerintah maupun swasta.
Neraca Transaksi Modal ( Capital Account ) Neraca transaksi modal antara lain mencatat nilai investasi langsung pihak swasta asing , pinjaman luar negeri dari perbankan swasta internasional, serta pinjaman dan hibah dari negara lain atau lembaga-lembaga donor seperti IMF dan Bank Dunia.
NERACA PEMBAYARAN SEIMBANG, SURPLUS DAN DEFISIT Secara mendasar, setiap neraca pembayaran akan selalu seimbang, mengingat neraca pembayaran disusun berdasarkan prinsip pembukuan berpasangan ( scontro ), ada sisi debit dan sisi kredit. Secara teoritis jumlah pada sisi debit harus sama dengan jumlah pada sisi kredit. Transaksi kredit adalah transaksi ekonomi yang membawa penerimaan pembayaran dari orang asing.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture