Diktat_StrukturData_03_Tabel

Diktat_StrukturData_03_Tabel - Draft Diktat Struktur Data...

Info icon This preview shows pages 1–3. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
Draft Diktat Struktur Data Hanya untuk digunakan di lingkungan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB Oleh: Inggriani Liem/Revisi bab oleh: Tim IF2030 sem. 1 2011-2012/Tgl. Revisi: 3 Okt 2011 1 TABEL Tabel ( array ) adalah koleksi objek yang terdiri dari sekumpulan elemen yang diorganisasi secara kontigu , artinya memori yang dialokasi antara satu elemen dengan elemen yang lainnya mempunyai address yang berurutan. Pada tabel, pengertian yang perlu dipahami adalah : Keseluruhan tabel (sebagai koleksi) adalah container yang menampung seluruh elemen, yang secara konseptual dialokasi sekaligus. Indeks tabel, yang menunjukkan address dari sebuah elemen. Elemen tabel, yang apat diacu melalui indeksnya, bertype tertentu yang sudah terdefinisi. Seluruh elemen tabel bertype sama” . Dengan catatan: beberapa bahasa pemrograman memungkinkan pendefinisian tabel dengan elemen generik, tapi pada saat diinstansiasi, harus diinstansiasi dengan type yang “sama”. Memori Tabel Alokasi memori tabel dilakukan sekaligus untuk seluruh elemen. Jika kapasitas tabel ditentukan dari awal ketika perancangan dan dilakukan pada saat deklarasi, maka dikatakan bahwa alokasi tabel adalah statik . Namun, ada beberapa bahasa yang memungkinkan alokasi pada saat run time, misalnya bahasa C. Alokasi kapasitas tabel pada saat run time disebut sebagai alokasi dinamik . Tabel dikatakan “kosong” jika memori yang dialokasi belum ada yang didefinisikan elemennya (walaupun dalam bahasa pemrograman tertentu sudah diisi dengan nilai default ). Tabel dikatakan “penuh” , jika semua memori yang dialokasi sudah diisi dengan elemen yang terdefinisi. Implementasi Fisik dari Indeks Tabel Indeks tabel harus suatu type yang mempunyai keterurutan (ada suksesor dan predesesor), misalnya type integer, karakter, atau type terenumerasi. Jika indeksnya adalah integer, maka keterurutan indeks sesuai dengan urutan integer (suksesor adalah plus satu, predesesor adalah minus satu). Jika indeksnya ditentukan sesuai dengan enumerasi (misalnya bertype pada karakter atau type enumerasi lain yang didefinisikan), maka keterurutan indeks ditentukan sesuai dengan urutan enumerasi. Pemroses bahasa akan melakukan kalkulasi address untuk mendapatkan elemen yang ke-i. Beberapa bahasa memberikan kebebasan kepada pemrogram untuk mendefinisikan range nilai dari indeks (misalnya Ada, Fortran77). Beberapa bahasa lain secara default mendefinisikan indeks dari 0 atau 1 (misalnya bahasa C: mulai dari 0). Notasi algoritmik: Jika T adalah sebuah tabel dengan elemen bertype ElType, dan indeks tabel terdefinisi untuk nilai IdxMin..IdxMax, maka deklarasinya secara algoritmik adalah : T : array [IdxMin..IdxMax] of ElType Untuk mengacu sebuah elemen ke-i dituliskan T i atau T[i] atau T(i).
Image of page 1

Info iconThis preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
Draft Diktat Struktur Data Hanya untuk digunakan di lingkungan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB Oleh: Inggriani Liem/Revisi bab oleh: Tim IF2030 sem. 1 2011-2012/Tgl. Revisi: 3 Okt 2011 2 ADT Tabel dengan Elemen Kontigu Tabel dapat dipakai sebagai salah satu cara representasi koleksi objek berupa list linier dengan representasi kontigu. Representasi kontigu artinya, subset atau seluruh ruang
Image of page 2
Image of page 3
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern