49564-ID-fertilitas-penduduk-indonesia-hasil-sensus-penduduk-2010.pdf

Berjenjang lima tahunan dengan asumsi bahwa tingkat

Info icon This preview shows pages 17–19. Sign up to view the full content.

berjenjang lima tahunan, dengan asumsi bahwa tingkat fertilitas menurut umur tunggal sama dengan rata-rata tingkat fertilitas kelompok umur lima tahunan. Rumus TFR adalah sebagai berikut: ASFR i = banyaknya bayi menurut kelompok umur wanita ke i Kebaikan dari perhitungan TFR ini adalah TFR merupakan ukuran untuk seluruh wanita usia 15-49 tahun, yang dihitung berdasarkan angka kelahiran menurut kelompok umur. 2.2.4 Rasio Anak Ibu/ Child Women Ratio (CWR) CWR adalah perbandingan jumlah anak berumur dibawah lima tahun dengan penduduk perempuan umur 15-49 tahun. Penghitungan ini pada umumnya menggunakan jumlah anak umur 0-4 tahun, walaupun dapat juga digunakan jumlah anak umur 0-9 tahun. Tidak digunakannya umur 0-1 tahun, karena pada umumnya data demografi yang dipublikasikan adalah bentuk kelompok umur 5 tahunan. Kesalahan pencatatan umur banyak terjadi pada usia 0-1 tahun dibandingkan umur lebih tua. Rumus CWR adalah sebagai berikut: P (0-4) = Penduduk umur 0-4 tahun. P f(15-49) = Perempuan umur 15-49 tahun. Kesalahan pelaporan jumlah anak dan tidak memperhitungkan kesuburan perempuan menurut umur mempengaruhi kualitas dari pengukuran ini. 2.2.5 Metode Anak Kandung Metode anak kandung merupakan perkembangan dari metode “reverse-survival” . Ukuran fertilitas yang dihasilkan adalah angka kelahiran menurut umur wanita (ASFR). Untuk itu diperlukan matriks tabulasi silang menurut anak terhadap ibu kandung. Ibu CWR = Ʃ P (0-4) X 1000 Ʃ P f (15-49) 7 TFR = 5 X Ʃ ASFR i i = 1
Image of page 17

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

9 Fertilitas Penduduk Indonesia yang dimaksud adalah wanita usia 15 hingga 65 tahun dan anak usia 0 hingga 14 tahun (UN, 1983). Setiap sel pada matriks y dinotasikan dengan Px (t), menunjukkan anak kandung usia x yang ibunya berusia y tahun pada waktu t. Anak yang dilahirkan (t-x) tahun yang lalu, pada waktu itu ibunya berusia (y-x) tahun. Jumlah wanita yang diperlukan dalam penghitungan angka kelahiran menurut umur, diperoleh dari daftar rumah tangga. Metode reverse survival dapat digunakan untuk menghitung jumlah wanita maupun jumlah kelahiran sebelum saat pencacahan berdasarkan pola kematian pada masa lalu. Masalah utama pada penggunaan metoda ini ialah kesalahan pelaporan umur yang dapat timbul baik pada anak maupun ibu. Salah satu cara untuk mengatasi ini ialah dengan membuat matriks menurut kelompok umur. Dengan demikian, tingkat kelahiran yang diperoleh berdasarkan kelompok umur pada tahun tertentu. Masalah lain ialah pelaporan jumlah anak kandung yang kerap kali terlupakan atau justru berlebihan. Umumnya, wanita 40 tahun keatas cenderung sukar mengingat jumlah anak yang pernah dilahirkan hidup. Hal ini dapat terjadi misalnya karena ada anak kandung yang ternyata tidak tinggal bersama ibunya pada saat pencacahan. Tetapi karena penelitian ini berdasarkan kelahiran di masa lalu yang tidak terlalu jauh dari saat pencacahan yaitu anak-anak berumur 5 tahun yang dilahirkan oleh wanita yang relatif masih muda maka diperkirakan persentase anak-anak seperti ini yang tinggal di luar rumah tangga berpisah dengan ibunya relatif sangat kecil.
Image of page 18
Image of page 19
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.
  • Spring '17
  • Muhammad Fadli

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern