Course Hero Logo

Instrumen kedua yakni penyebaran kuesioner pembelian

Course Hero uses AI to attempt to automatically extract content from documents to surface to you and others so you can study better, e.g., in search results, to enrich docs, and more. This preview shows page 12 - 14 out of 15 pages.

Instrumen kedua yakni penyebaran kuesioner pembelian kepada para stafpembelian untuk mengetahui informasi-informasi tambahan dari karyawan bagianpemesanan bahan bahan baku.Instrumen selanjutnya yaitu wawancara, kami melakukan wawancara secara tertulisdengan Kepala Bagian pembeliandan Manajer Umum untuk mengetahui kebijakanpembelian yang telah dilakukan dalam kegiatan pembelian barang baik pengadaan barangmaupaun pembelian bahan baku. Kami juga melakukan wawancara dengan karyawanbagian pembelian , dengan tujuanuntuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dihadapipegawai dalam proses pembelianKami juga melakukan observasi langsung terhadap pelaksanaan proses pembelian ,untuk mengetahui apakah Pembelian dilaksanakan sesuai kebijakan dan prosedur.
5.3 PENGUMPULAN BUKTIKami melakukan pengumpulan bukti pertama yaitu bukti dokumen. Setelahmenjalankan prosedur audit dalam program audit kami menemukan bahwa bagianpengadaan barang tidak memiliki SOP. Hal ini mengakibatkan perusahaan tidak memilikipetunjuk bagaimana kegiatan pengadaan barang sebaiknya dijalankan dan dapatmengakibatkan kegiatan operasional tidak konsisten, tidak efektif, efisien serta ekonomis.Selain itu berdasarkan hasil wawancara dengan beberapa karyawan pengadaan,kami menemukan bahwa barang serta vendor dipilih sesuai dengan keinginan KepalaPengadaan dikarenakan tidak ada SOP yang mengatur mekanisme serta kententuanpengadaan barang. Dikarenakan pengadaan barang dilakukan berdasarkan panduan darikepala staf pengadaan, maka kualitas barang tidak diseleksi dengan ketat sehingga rawankerusakan selama pemakain barang.Sedangkan mengenai perawatan inventaris, kami tidak menemukan kesalahanmaupun fraud. Temuan postif tersebut kami buktikan dengan mempelajari SOP perawataninventaris serta membandingkan SOP dengan observasi dan wawancara. Kegiatanperawatan telah sesuai dengan SOP perawatan inventaris.Antara formulir pemesanan bahan baku dengan faktur pembelian yang telah kamiperbandingkan, kami tidak menemukan perbedaan baik dalam hal spesifikasi bahan baku,harga serta kuantitas bahan baku. Namun, kami menemukan perbedaan setelah kamimembandingkan formulir pemesanan bahan baku dengan formulir permintaan bahan baku,pada formulir permintaan bagian kolom spesifikasi bahan baku diisi dengan lengkap olehBagian Produksi akan tetapi tidak halnya dengan formulir pemesanan bahan baku,spesifikasi bahan baku kurang lengkap dan tidak sespesifik formulir permintaan bahanbaku. Sebagai akibatnya perusahaan harus mengembalikan barang yang telah dikirim olehpemasok dan mengganti spesifikasi barang yang akan dipesan. Hal ini mengganggukegiatan operasi perusahaan dan dapat menunda kegiatan produksi.Perhitungan ulang atas formulir pemesanan bahan baku, formulir permintaan bahanbaku dan faktur pembelian yang telah kami laksanakan di program audit, kami tidakmenemukan kesalahan dalam perhitungan baik jumlah bahan baku maupun perhitunganharganya.

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

End of preview. Want to read all 15 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Term
Fall
Professor
N/A
Tags

Newly uploaded documents

Show More

Newly uploaded documents

Show More

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture