meninggal dunia yang tidak diupacarakan dengan memotong hewan disebut Todibaa

Meninggal dunia yang tidak diupacarakan dengan

This preview shows page 139 - 143 out of 174 pages.

meninggal dunia yang tidak diupacarakan dengan memotong hewan disebut Todibaa bongi, yaitu jenazah almarhum dikubur secara sembunyi-sembunyi pada malam hari. 7. Kesenian a. Seni Musik tradisional, antara lain: 1) Passuling : semua lagu-lagu yang diiringi dengan suling 2) Pa‟pelle/Pa‟barrung : Alat musiknya terbuat dari batang padi dan disambung hingga mirip terompet 3) Pa‟pompang/pa‟bas : musik bambu 4) Pa‟karobi : alat kecil dengan benang halus pada bibir 5) Pa‟tulali‟ : bambu kecil dimainkan sehingga menimbulkan bunyi 6) Pa‟geso‟geso‟ : alat musik gesek, terbuat dari kayu dan tempurung b. Seni Tari Kesenian Tari di Tana Toraja, senantiasa diapresiasikan berkaitan dengan Aluk Rambu Tuka‟ dan Aluk Rambu Solo‟ 1) Tarian Ma‟gellu : dipentaskan pada upacara kegembiraan 2) Tarian Boneballa‟ / Ondo Samalele‟: digelar dalam upacara syukuran 3) Tarian Pa‟gellu : dipentaskan pada acara pesta Rabu Tuka 4) Tarian Burake : pemujaan kepada Puang Marua dan Deata 5) Tarian Dau Bulan: Sama dengan Tarian Burake 6) Tarian Madandan: pemujaan dan doa- doa kepada Puang Ma‟tua dan Deata ( Aluk Todolo ) 7) Tarian Manimbong : Tarian pemujaan dan doa pada upacara syukuran 8) Tarian Pa‟randing : untuk menghormati para pahlawan perang
Image of page 139
134 | P a g e 9) Tarian Pa‟pangngan: tarian selamat datang E. Rangkuman 1. Pembangunan dan Modernisasi Tana Toraja, sudah menjadi tuntutan segenap warganya baik yang berada di dalam maupun di luar Toraja. 2. Segenap warga Tana Toraja diajak untuk peduli terhadap kampung halaman. 3. Tekad yang diusung bersama adalah untuk menjadikan Toraja unggul dalam: a. Perkataan ( berani dan penuh percaya diri) b. Penguasaan Ilmu dan Teknologi (cerdas dan terampil) c. Penebaran Kasih (saling hormat dan mengasihi) d. Pariwisata (budaya dan alam) 4. Penebaran Kasih, ditunjukkan dengan tumbuh suburnya keanegaraman agama, namun kepercayaan turun-temurun yang dianggap sebagai agama dan kepercayaan asli yang lebih dikenal dengan nama Aluk Todolo. Aluk merupakan budaya/aturan hidup yang menjiwai setiap orang Toraja. 5. IPTEK sudah mewarnai kehidupan mereka dan stratifikasi sosial yang dulunya beralaskan sendi-sendi tradisional telah terjadi perubahan. Kini yang tampil adalah berdasarkan Tingkat Pendidikan dan kemapanan ekonomi. 6. Modernisasi dan IPTEK diupayakan terus digapai oleh setiap insan Tana Toraja, namun budaya leluhur yang turun-temurun, yaitu Aluk Todolo, Rambu Tuka‟ dan Rambu Solo, serta Rara Buku (Kekeluargaan) tetap lestari dalam kehidupan mereka.
Image of page 140
135 | P a g e F. Latihan 1) Apa yang Anda ketahui tentang Aluk Todolo ? Uraikan! 2) Mengapa mayat dimakamkan di tebing? 3) Ceritakan tentang Upacara Rambo Solo ! 4) Apa bedanya dengan Upacara Rambu Tuka ? Jelaskan! 5) Apa yang menjadi penilaian ketika diadakan suatu upacara? Jelaskan!
Image of page 141
136 | P a g e BAB KEBUDAYAAN MANDAR A. Letak Geografis Wilayah Suku Mandar terletak di ujung utara Sulawesi Selatan, tepatnya di Sulawesi Selatan bagian barat dengan letak geografis antara 10 0 -30 0 lintang selatan dan antara 1‟180 - 1‟190 bujur timur. Luas wilayah Mandar adalah 23.539,40 km2, terurai dengan:
Image of page 142
Image of page 143

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 174 pages?

  • Summer '18
  • bla

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture