sudut pandang dalam interaksi individu dengan lingkungan sehingga diperoleh

Sudut pandang dalam interaksi individu dengan

This preview shows page 17 - 20 out of 113 pages.

sudut pandang dalam interaksi individu dengan lingkungan sehingga diperoleh cara-cara baru untuk mencapai tujuan yang lebih bermakna. kreatif itu pikiran kita tentang ide baru atau bisa dibilang unik, sedangkan kreativitas itu hasil dari pikiran kita yang kreatif . Buka link : reative
Image of page 17
12 Modul Berpikir Kreatif dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Lalu apakah berfikir kreatif itu? Mengapa berfikir kreatif penting? Apakah dalam melakukan perubahan dalam organisasi yang berupa inovasi cukup dengan berfikir kreatif ? Pertanyaan- pertanyaan tersebutlah yang akan dibahas dalam bagian modul ini. Berpikir kreatif diperlukan oleh berbagai pihak, dalam keidupan sehari-harinya. Misalnya Anda sebagai pemimpin harus menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada dalam organisasinya, peserta pelatihan harus menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh widyaiswaranya. Dalam melaksanakan hal-hal tersebut di atas ketrampilan dalam berfikir kreatif sangat diperlukan. Lalu apakah yang dimaksud dengan berpikir kreatif? Berfikir kreatif adalah suatu cara berpikir dimana seseorang mencoba menemukan hubungan- hubungan baru untuk memperoleh jawaban baru terhadap suatu masalah. Misalnya anda berada di suatu desa yang pemandangannya asri, sejauh mata memandang anda melihatan hamparan yang hijau dan mengandung unsur seni yang tinggi, namun masyarakatnya hidup kekurangan. Di sisi lain anda membayangkan sebuah kota yang ramai, macet dan banyak orang yang berduit. Anda memutar otak anda untuk berfikir kreatif. Akhirnya aahaa mengapa saya tidak menyulap kampung ini menjadi smart kampung ?. Pemikiran kreatif ? Inilah yang disebut dengan pemikiran kreatif yakni anda berfikir dengan mencoba menemukan hubungan-hubungan baru untuk memperoleh jawaban baru atas suatu masalah kampung asri, hijau namun masyarakatnya miskin. Bagaimana agar kampung ini bermanfaat bagi banyak orang ? Baik bagi warga kampung sendiri maupun warga lain yang mengunjunginya? Sedangkan James C. Coleman dan Coustance Hammen (1974:452) dalam Jalaludin Rakhmat berpendapat bahwa berfikir kreatif adalah thinking which produces new methods , new concepts, new understandings, new inventions , new work of art.. ( berpikir yang menghasilkan metode baru, konsep-konsep baru, pengertian baru, penemuan baru, karya seni baru). Berdasarkan pengertian-
Image of page 18
13 Modul Berpikir Kreatif dalam Pelayanan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas pengertian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa berpikir kreatif memenuhi tiga syarat sebagai berikut : 3 Syarat berfikir kreatif. melibatkan respon atau gagasan yang baru, atau yang secara statistik sangat jarang terjadi. Tetapi kebaruan tidak cukup tetapi juga dapat dilaksanakan dan bermanfaat. memecahkan persoalan secara realistis.
Image of page 19
Image of page 20

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 113 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors