Mendapatkan imbalan materil dan imateril tertentu

This preview shows page 14 - 17 out of 33 pages.

mendapatkan imbalan materil dan imateril tertentu, maka sebagai konsekuensinya pada dirinya bisa dikenakan sanksi-sanksi tertentu. Etika adalah penyelidikan filosofi mengenai kewajiban-kewajiban manusia, dan tentang hal-hal yang baik dan buruk jadi penyelidikan tentang bidang moral. Etika profesi pemimpin ialah : - Kewajiban-kewajiban pemimpin - Tingkah laku pemimpin yang baik dan dapat dibedakan - Tingkah laku yang buruk - Moral pemimpin BAB 6 DINAMIKA KELOMPOK ORGANISASI FORMAL DAN INFORMAL Dinamika kelompok Kelompok itu adalah kumpulan yang terdiri dari dua atau lebih individu dan kehadiran masing-masing individu mempunyai arti setara nilai bagi orang lain, dan ada dalam situasi dalam mempengaruhi. Yang terpenting dalam kelompok tersebut ialah bukannya persamaan dan perbedaan satu sama lainnya tetapi saling ketergantungan atau interdependensinya. Fungsi kelompok bagi individu dan fungsi pemimpin Fungsi kelompok bagi individu adalah:
1. Kelompok itu memberi wadah-sosial dan ruang hidup psikologis kepada individu, sehingga memunculkan sense of belonging. 2. Menjadi kader-referensi untuk mengaitkan diri, sehingga muncul loyalitas, kesetiakawanan dan esprit de corps 3. Memberikan status sosial kepada individu, sehingga dia merasa dihargai, diakui, diterima, merasa mendapat posisi sosial, dan penghargaan dari lingkungannya. 4. Memberikan ideal-ideal, cita-cita,tujuan-tujuan(hidup) tertentu,dan asas-asas perjuangan bagi hidupnya. 5. Kelompok dijadikan alat atau wahana untuk mencapai cita-cita hidupnya, untuk membangun bersama-sama. 6. Di dalam kelompok individu menjadi satu bagian dari gestalt kelompok. Organisasi formal dan informal Organisasi formal adalah organisasi yang ada di atas kertas, dengan relasi-relasi logis berdasarkan peraturan, konvensi dan kebijkandari organisasi dengan pembagian tugas pekerjaan dan hierarki kerja. Organisasi informal ( kelompok primer atau face to face group) adalah sistem interelasi manusiawi berdasarkan rasa suka dan tidak suka dengan iklim psikis yang intim, kontak muka, berhadapan muka, serta moral tinggi. BAB 7 PEMIMPIN DAN KOMUNIKASI Pengambilan keputusan Dalam kondisi ketidakpastian dengan banyak perubahan yang mendadak, maka aktivitas pengambilan keputusan merupakan unsur yang paling sulit dalam manajemen, namun juga merupakan usaha yang paling penting bagi pimpinan. H.A Simon dalam bukunya Administrative Behaviour (1947) mengemukakan tiga proses pengambilan keputusan yaitu: - Inteligence activity yaitu proses penelitian situasi dan kondisi dengan wawasan inteligent - Design activity yaitu proses menemukan masalah, mengembangkan pemahaman, dan menganalisis kemungkinan pemecahan masalah. - Choise activity yaitu memilih salah satu tindakan dari sekian banyak alternatif atau kemungkinan pemecahan
Keterampilan Berdiskusi Kemampuan berdiskusi dengan baik merupakan salah satu persyaratan yang mutlak perlu bagi setiap unsur pempinan.

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture