MAKALAH SEKTOR INFORMAL.docx

Namun dari indikasi yang ada seperti bila dilihat

Info icon This preview shows pages 16–18. Sign up to view the full content.

View Full Document Right Arrow Icon
Namun dari indikasi yang ada seperti bila dilihat dari besarnya jumlah pekerja di Indonesia yang menggantungkan hidupnya pada sektor ini serta banyaknya jenis usaha-usaha informal tersebut di Indonesia. Dari analisa sederhana, sektor informal mempunyai banyak segi positif dibanding sektor formal. Kelebihan sector informal tersebut adalah: 1) Daya Tahan Sektor ini terbukti memiliki daya tahan yang tinggi. Terlihat pada saat krisis, sektor ini tidak hanya dapat bertahan namun juga mampu berkembang dengan pesat. Hal tersebut disebabkan faktor permintaan dan penawaran. Di sisi permintaan, akibat krisis pendapatan riil masyarakat turun sehingga terjadi pergeseran permintaan masyarakat dari barang-barang formal ke barang-barang non formal. Dengan alasan bahwa harga dari barang-barang formal yang sulit dijangkau. Misalnya yang paling sederhana, sebelum krisis terjadi kebiasaan orang kantor menghabiskan waktu makan siangnya untuk makan di restoran atau rumah makan yang mahal namun ketika terjadi krisis mereka cenderung beralih ke rumah makan pinggir jalan (warteg). Dari sisi penawaran, ketika krisis banyak sekali pegawai yang di PHK dari sektor formal, ditambah juga banyaknya angkatan kerja yang sulit mendapat pekerjaan. Sehingga mengakibatkan supply tenaga kerja dan pengusaha di sektor informal meningkat. Dengan alasan bahwa, usaha di sector informal memang tergolong mudah. Hal ini membuktikan bahwa sektor informal ini mempunyai daya tahan yang baik. 2) Padat Karya. Dari data yang disebut pada ulasan sebelumnya jelas terbukti bahwa sector ini mampu menghasilkan banyak tenaga kerja. Bahkan sekalipun dilihat dari lapangan usaha jelas sekali banyaknya angkatan kerja yang 16
Image of page 16

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

View Full Document Right Arrow Icon
berkecimpung di sektor ini. Hal tersebut juga worth it terhadap modal dan usaha untuk masuk ke sektor ini. Modalnya begitu kecil, dan usaha untuk memulai bekerja juga mudah akibatnya hasil yang diperoleh juga sangat kecil. Namun bagi kalangan bawah, hal tersebut sudah mampu untuk mencukupi kebutuhan hidup mereka. 3) Keahlian Khusus (Tradisional). Hal yang positif lagi didalam sektor informal ini adalah adanya keahlian kusus dalam membuat produk. Banyaknya inovasi-inovasi yang dikeluarkan oleh tangan-tangan dingin mereka. Terlihat dari jenis-jenis produk yang dibuat oleh industri kecil dan industri rumah tangga, umumnya produk-produk mereka begitu inovatif dan sangat mampu bersaing bahkan sampai ke tingkat perdagangan internasional. Hal ini membuktikan bahwa sektor ini mampu merangsang para pekerjannya untuk terus berinovasi dan terus memiliki keahlian khusus untuk selalu dapat survive. Sehingga satu lagi ciri positif dari sektor ini adalah pekerjanya sangat adaptif, yang pandai menyesuaikan diberbagai situasi. 4) Permodalan Salah satu kemudahan dalam sector ini juga terlihat dalam permodalannya. Untuk usaha yang paling kecil, modalnya juga sangat kecil sehingga memungkinkan untuk memakai tabungan sendiri. Dalam kaitannya dengan modal, pemerintah juga cukup membantu dengan kucuran kredit, jadi hal tersebut dapat dijadikan alternatif untuk mengembangkan usaha di sector ini. Hal yang paling dasar pada sector ini sebenarnya bukan terletak pada modal namun, terletak pada keuletan pekerjanya. Kenapa, walaupun merintis usaha dari 0 dengan modal yang sangat kecil jika kita ulet tentunya banyak sekali jalan untuk mengembangkan sector ini. Banyak sekali contoh sukses yang telah menginspirasi. Seperti misalkan, banyak sekali restoran-restoran besar yang sudah mampu berwaralaba dulunya juga dimulai dari warung klontong yang sederhana.
Image of page 17
Image of page 18
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern