Dijelaskan sebelumnya mendorong persaingan ketat partai politik untuk

Dijelaskan sebelumnya mendorong persaingan ketat

This preview shows page 14 - 16 out of 28 pages.

Dijelaskan sebelumnya, mendorong persaingan ketat partai politik untuk memenangkan pemilu. Partai politik mau tidak mau harus beradaptasi dan memperbaiki organisasinya untuk dapat bertahan dalam sistem demokrasi ini, dan hal ini tentu saja akan berdampak baik untuk proses pelembagaan sistem kepartaian. Namun demikian, apakah asumsi bahwa ‘perubahan politik pasca- reformasi di tahun 1998 mendorong sistem kepartaian menjadi terlembaga’ ini tepat? Untuk mengetahui apakah sistem kepartaian di Indonesia telah terlembaga atau belum setelah 15 tahun demokratisasi Indonesia, maka kita perlu menganalisanya lebih jauh dengan menggunakan empat dimensi Mainwaring dan Scully. Dalam pembahasan selanjutnya, makalah ini akan fokus melihat bagaimana pola kompetisi partai dalam empat pemilu legislatif terakhir, yakni Pemilu 1999, 2004, 2009 dan 2014, bagaimana hubungan parpol dengan masyarakat sejak 1998 hingga saat ini, apakah elit politik memberikan legitimasi yang kuat kepada parpol sebagai aktor penting dalam proses demokrasi, dan apakah partai politik saat ini telah terkelola dengan baik dan menjadi organisasi yang independen. Apabila kondisi Indonesia saat ini telah menunjukan adanya perubahan baik pada keempat aspek tersebut, maka sistem kepartaian politik baru dapat dikatakan telah terinsitusionalisasi 13 . 3. Pola Kompetisi Partai Politik Mainwaring dan Scully menjelaskan di dalam teorinya, bahwa pola kompetisi antar partai politik merupakan satu dimensi yang dapat digunakan untuk melihat apakah suatu sistem kepartaian telah terlembaga atau tidak. Menurut keduanya, institusionalisasi sistem kepartaian tercapai apabila pola kompetisi parpolnya berjalan stabil, dimana preferensi konstituen terhadap partai politik cenderung tidak berubah dari satu pemilu ke 13 Denny Indrayana, Amandemen UUD 1945: Antara Mitos dan Pembongkaran, ( Bandung: Penerbit Mizan, 2007), hlm. 145 9
Image of page 14
pemilu lainnya. Dalam kondisi yang stabil, pemilih partai memiliki kecenderungan untuk memilih satu partai yang sama dalam pemilu berbeda, jikapun ada perubahan kecenderungan, maka jumlah pemilih yang mengubah pilihannya tidak signfikan 14 . Pasca-Reformasi 1998, jumlah partai politik peserta pemilu mengalami kenaikan yang cukup tajam dengan angka perolehan suara yang berbeda di setiap periode pemilu. Meskipun demikian, dari empat pelaksanaan pemilu setelah 1998 diketahui hanya ada sepuluh partai politik yang paling tidak mampu memperoleh suara signifikan di dalam pemilu legislatif, yakni di atas 3,5% suara, pada setiap pemilunya. Selebihnya adalah partai-partai kecil, atau biasa disebut sebagai partai gurem, yang hanya memperoleh kurang dari 3,5% hasil pemilu. Pada Tabel 2 dipaparkan beberapa nama partai yang mampu meraih perolehan suara lebih dari 3,5% pada Pemilu 1999, 2004, 2009 dan 2014. 2. Hubungan Partai Politik dan Masyarakat Dimensi lain yang perlu dilihat untuk mengukur apakah sistem kepartaian di Indonesia telah terlembaga atau tidak menurut Mainwaring dan Scully adalah hubungan partai politik dan masyarakat. Apabila partai politik memiliki akar
Image of page 15
Image of page 16

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 28 pages?

  • Spring '15
  • andiansah

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes