Hal ini seiring dengan kebijakan pemangkasan anggaran oleh pemerintah sebagai

Hal ini seiring dengan kebijakan pemangkasan anggaran

This preview shows page 7 - 9 out of 58 pages.

yang memang memperlihatkan kecenderungan untuk terus menurun. Hal ini seiring dengan kebijakan pemangkasan anggaran oleh pemerintah sebagai upaya untuk mengurangi dampak dari pendapatan negara yang tidak terlalu menggembirakan. Jika arus belanja tidak dibendung, kesenjangan (gap) dalam wujud defisit anggaran akan terus menukik tajam. Sebagaimana nampak dalam hasil perbandingan berikut, kenaikan defisit anggaran kembali membesar mencapai 31, 67%. Meskipun mampu mengerem arus belanja hingga meminimumkan kenaikan belanja hanya pada tingkat 1,65%, namun total pendapatan negara dan hibah memang justru mengalami penurunan hingga (2,74%). Belanja yang besar tidak selalu buruk, jika dan hanya jika belanja tersebut memang digunakan secara tepat sasaran dalam rangka menggerakkan roda perekonomian negara. Merujuk pada hasil perbandingan berikut, pada tahun 2015, pos Belanja Negara yang mengalami kenaikan diantaranya di- drive oleh pos Belanja Pegawai 15,35%, Belanja Barang 32,08%. Belanja Modal 46,21%, Belanja Hibah 369,6%, dan Dana Alokasi Khusus 72,06%. Kenaikan pada belanja pegawai dan belanja barang perlu mendapat perhatian apakah pengeluaran pada pos ini memang mampu men- generate sisi pendapatan setidaknya pada tingkatan yang sama. Jika tidak, pengeluaran pos ini dapat dikatakan sebagai pengeluaran konsumtif yang perlu ditekan karena tidak membawa dampak positif bagi kesehatan anggaran negara. Sementara itu, kenaikan belanja modal pada tahun 2015 cukup
Image of page 7

Subscribe to view the full document.

menggembirakan, mengingat pada tahun 2014 pos ini justru mengalami penurunan. Kenaikan ini perlu dipertahankan karena belanja modal merupakan salah satu pos penting dalam memperbaiki infrastruktur dalam rangka memberikan fungsi pelayanan publik terbaik bagi warga negara. Pos yang mengalami kenaikan paling fantastis berada pada pos Belanja Hibah. Meskipun jika mengingat kembali pada pos Penerimaan Hibah sebagaimana telah diulas sebelumnya, Pos Penerimaan Hibah juga mengalami kenaikan yang tidak kalah fantastis. Meskipun menunjukkan kenaikan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya, ternyata pada Tahun 2015 ini Realisasi Belanja Hibah tidak mencapai target pagu APBN-P TA 2015 antara lain dikarenakan terdapat Pemda yang tidak mengajukan pencairan hibah pada tahun 2015, dan terdapat kegiatan/proyek seperti proyek MRT yang realisasinya hanya mencapai 72,40% yaitu sebesar Rp1.870.093.824.789 dari pagu anggaran sebesar Rp2.583.030.000.000, dan proyek Sanitasi serta kegiatan pembangunan sanitasi untukditerushibahkan kepada 23 (dua puluh tiga) Pemda belum ada realisasi. Pos yang perlu mendapat perhatian adalah pos Dana Keistimewaan DIY. Total kenaikan pos ini mencapai ratusan milyar rupiah, yang pada tahun 2015 mencapai 30,63%. Dana Keistimewaan DIY pertama kali dialokasikan pada TA 2013 sebagai pelaksanaan UU No 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan DIY. Pada Tahun 2015, pos ini mengalami kenaikan hingga 30% dibandingkan dengan Tahun sebelumnya. Realisasi ini sesuai dengan jumlah yang telah dianggarkan pada APBN-P Tahun 2015.
Image of page 8
Image of page 9
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes