Berdasarkan hal tersebut maka penulis tidak menganalisis dan mengkaji

Berdasarkan hal tersebut maka penulis tidak

This preview shows page 7 - 9 out of 18 pages.

Berdasarkan hal tersebut, maka penulis tidak menganalisis dan mengkaji permasalahan stasioneritas data pada model SVAR yang penulis gunakan. Dinamika Inflasi Untuk menentukan bagaimana sebuah perubahan instan ( shocks ) pada sebuah variabel dan pengaruhnya terhadap pergerakan variabel lainnya, sistem VAR menggunakan Forecast Error Variance Decompositions (FEVD). Enders (2003) menyatakan bahwa jika FEVD dari sebuah variabel tidak dipengaruhi oleh kejutan selain dari perubahan variabel itu sendiri, maka dapat dikatakan bahwa variabel tersebut bersifat eksogen. Tabel 1 menunjukkan hasil perhitungan FEVD model Bhattacharya et al . (2013) dengan menggunakan data inflasi Indonesia. Hasil perhitungan pada Tabel 1 menunjukkan bahwa pergerakan dari inflasi makanan hanya ditentukan oleh kejutan dari variabel itu sendiri tanpa terpengaruh oleh pergerakan dari inflasi nonmakanan maupun inflasi agregat. Di sisi lain, perubahanpadainflasimakananberpengaruhcuku psignifikan terhadap varian dari inflasi non- makanan, mencapai kurang lebih 29%. Perubahan pada inflasi agregat secara signifikan dipengaruhi oleh, baik itu inflasi makanan maupun non-makanan. Inflasi makanan memiliki porsi terbesar hingga mencapai kurang lebih 58% dan diikuti oleh non-makanan sebesar kurang lebih 40%. Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa inflasi makanan memiliki sifat eksogen dalam memengaruhi komponen inflasi lainnya. Hasil perhitungan penulis pun sejalan JEPI Vol. 17 No. 1 Juli 2016, hlm. 58–74
Image of page 7
65 Inflasi Makanan dan Implikasinya... dengan apa yang ditemukan oleh Walsh (2011) pada penelitiannya di 91 negara serta penelitian Bhattacharya et al . (2013) dan Anand et al . (2014) di India. Pada perekonomian negara-negara tersebut, khususnya pada negara-negara berkembang, inflasi makanan memiliki porsi yang relatif besar dalam pembentukan inflasi non- makanan maupun inflasi agregat. Selanjutnya, untuk mengetahui bagaimana dampak dari perubahan masing-masing variabel terhadap variabel lainnya, maka diperlukan analisis impulse response dari sistem SVAR. Gambar 2 menunjukkan bagaimana perubahan tersebut, apakah berdampak positif atau negatif. Hasil dari perhitungan menunjukkan bahwa peningkatan inflasi makanan akan direspons secara positif (meningkat) oleh inflasi non- makanan maupun inflasi agregat. Begitu pula dengan dampak dari peningkatan inflasi non- makanan terhadap inflasi agregat. Lebih lanjut, hasil Impulse Response Functions (IRF) pun menunjukkan bahwa shock inflasi makanan terhadap inflasi agregat memiliki dampak yang relatif lebih lama dibandingkan shock inflasi non- makanan. Hasil ini mengimplikasikan bahwa persistensi inflasi agregat lebih bersumber dari inflasi makanan. Dengan demikian, kombinasi hasil FEVD dan IRF ini semakin mempertegas pentingnya pengendalian inflasi makanan sebagai berikut. Pertama , seperti yang telah disebutkan dan diperkirakan sebelumnya pada bagian pertama, inflasi makanan memiliki dampak negatif yang lebih buruk bagi masyarakat miskin.
Image of page 8
Image of page 9

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 18 pages?

  • Winter '12
  • James

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes