Bab 13_Kelompok 6_AK-40-01_Resume.docx

Accounting termonilogy bulletin apb statement no 4

This preview shows page 4 - 6 out of 12 pages.

Accounting Termonilogy Bulletin APB Statement No. 4 menunjukkan kemajuan nyata saat diterbitkan. Dalam ATB 1, yang muncul dalam tahun 1953, aktiva pada hakikatnya didefinisikan sebagai saldo debet yang dibawa ke periode selanjutnya saat penutupan pembukuan sementara kewajiban didefinisikan sebagai saldo kredit yang dibawa ke periode selanjutnya – kecuali saldo-saldo kredit yang menunjukkan ekuitas pemilik. Definisi ini hampir seluruhnya bersifat struktural dalam penekanannya. Definisi APB jauh lebih banyak menekankan pada interpretabilitas sementara definisi FASB bersifat pragmatis. Definisi FASB mencerminkan keyakinan FASB bahwa pelaporan keuangan harus berguna bagi investor, kreditor, dan pihak-pihak lainnya. Tiga Sifat Dasar Aktiva Menurut FASB, suatu aktiva mempunyai tiga karakteristik dasar: 3
Image of page 4

Subscribe to view the full document.

1. Aktiva menyimpan kemungkinan manfaat masa depan yang menyangkut kapasitas, secara sendiri-sendiri atau dalam kombinasi dengan aktiva lain, untuk secara langsung atau tidak langsung memberi sumbangan pada arus masuk kas bersih di masa depan. 2. Satuan usaha tertentu dapat memperoleh manfaat itu dan mengendalikan akses pihak lain pada aktiva itu. 3. Transaksi atau peristiwa lain yang menimbulkan hak atau kendali satuan usaha atas manfaat tersebut sudah terjadi. Kemungkinan Manfaat Masa Depan. Harus ada hak yang spesifik atas manfaat atau potensi jasa di masa depan. Hak dan jasa yang sudah daluwarsa tidak dapat dimasukkan. Juga, hak itu harus mempunyai manfaat positif; hak dengan potensi manfaat nol atau negatif bukanlah aktiva. Kendali. Hak harus diperoleh oleh individu atau perusahaan tertentu. Hak untuk berkendara dijalan umum tidak menghasilkan suatu aktiva. Hak itu harus memungkinkan tidak diikutkannya pihak-pihak lain, walaupun dalam beberapa kasus hak itu bisa dibagi dengan perusahaan-perusahaan atau individu-individu tertentu. Transaksi dan Peristiwa Lain. Manfaat ekonomi itu haruslahmerupakan hasil dan transaksi atau peristiwa yang terjadi di masa lalu. Aktiva tidak boleh mencakup manfaat yang akan timbul di masa depan tetapi saat ini belum ada atau tidak berada dalam kendali satuan usaha. Akan tetapi, perlunya kriteria ini masih dapat diperdebatkan karena jika manfaat ekonomi benat-benar ada dan berada di bawah kendali satuan usaha, manfaat itu pastilah timbul dari peristiwa tertentu di masa lalu. Kuncinya di sini adalah apakah peristiwa itu menurut akuntan memadai. Ikhtisar. Singkat kata, penulis percaya bahwa aktiva harus didefenisikan sebagai potensi jasa atau hak atas manfaat prospektif yang berada di bawah kendali suatu organisasi. Defenisi ini tidak menyinggung perlunya suatu transaksi yang mendahului dengan alasan bahwa syarat ini sudah digunakan untuk mengeluarkan sumber daya yang seharusnya dilaporkan untuk mendapatkan interpretasi yang tepat mengenai posisi suatu perusahaan atau organisasi.
Image of page 5
Image of page 6
  • Spring '16
  • Jane
  • Teori Akuntansi

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern