Penjumlahan dan pengurangaan secara sederhana seperti

This preview shows page 3 - 5 out of 8 pages.

penjumlahan, dan pengurangaan secara sederhana seperti penjumlahan sehingga untuk mencapai hasilnya dibutuhkan waktu yang relatif lama. Mesin jumlah manual termasuk salah satu jenis mesin hitung karena berupa mesin yang dipergunakan untuk menghitung angka-angka. Mesin jumlah manual dapat dibedakan menurut jenisnya yaitu : a. Berdasarkan kemampuannya : 1. Mesin jumlah yang memiliki kemampuan untuk menjumlah, mengurangi, dan mengalikan sederhana 2. Mesin jumlah yang memiliki kemampuan untuk menjumlah, mengurangi, mengalikan, membagi a. Menurut jumlah kunci-kuncinya : 1. Mesin jumlah berkunci sepuluh adalah mesin yang jumlah kuncinya tidak begitu banyak. Pada papan kunci terutama berisi tuts angka 0-9 2. Mesin jumlah berkunci penuh yaitu mesin jumlah dengan kunci/tuts pada papan kunci jumlahnya banyak sehingga tampak memenuhi papan tuts tersebut b. Menurut penyajian hasilnya : 1. Mesin jumlah pencetak adalah mesin jumlah yang mencetak angka-angkanya pada kertas hitung/kertas roll 2. Mesin jumlah tidak mencetak, yaitu mesin jumlah yang tidak mencetak angka- angkanya pada kertas hitung Ciri-ciri Mesin Jumlah Manual Mesin jumlah manual memiliki beberapa ciri-ciri yaitu : a. Mesin yang digerakkan oleh tangan manusia sehingga terdapat engkol b. Mesin ini memiliki cara kerja dan komponen mesinnya yang mekanik c. Perhitungan tercetak pada kertas hitung (printing) d. Indikator hanya menunjukkan jumlah digit e. Tiap perhitungan dan pencetakan angka-angka berjalan melalui penarikan engkol yang menggerakkan balok-balok angka Cara Pengoprasian : Jika akan menggunakan mesin jumlah manual tentunya kita harus tau terlebih dahulu mengenai bagaimana cara menggunakan alat ini. Untuk mengunakan alat ini, angka-angka yang dihitung dan ditekan pada tuts angka selanjutnya digerakan oleh engkol, kemudian tekanan tiap tuts angka dan tarikan engkol akan menggerakkan balok angka kemudian balok angka memukul pita yang bertinta, dibawah pita terdapat roll kertas sehingga tuts yang ditekan diikuti oleh tarikan engkol dapat menggerakkan balok angka.
Image of page 3

Subscribe to view the full document.

3. Mesin Himpun HECHTMACHINE STAPLER (PENJEPRET KERTAS) Hechtmachine stapler atau penjepret kertas merupakan alat yang digunakan untuk membendel kertas ataupun surat-surat. Selain itu Hechtmachine stapler juga digunakan sebagai penjepret plastik ataupun yang lainnya. Hechtmachine stapler sangat mudah sekali dijumpai dalam keseharian kita, karena alat ini telah banyak dipakai oleh orang-orang disekitar kita. Menurut kemampuan dan bentuknya Hechtmachine stapler dapat dibedakan menjadi penjepret kertas kecil, sedang, dan besar. Yang dapat diuraikan sebagai berikut : 1) Penjepret kertas kecil merupakan penjepret kertas yang bentuknya kecil dan memiliki kemampuan untuk membendel kertas maksimum 10 lembar 2) Penjepret kertas sedang merupakan penjepret kertas yang bentuknya sedang dan memiiki kemampuan untuk membendel 10-20 lembar 3) Penjepret kertas besar merupakan penjepret kertas yang bentuknya besar dan memiliki kemampuan untuk membendel lebih dari 20 lembar. Hechtmachine stapler memiliki beberapa ciri-ciri yaitu merupakan alat yang cara pengoprasiannya menggunakan tenaga manusia, cara kerja serta komponen mesinnya mekanik, Hechtmachine stapler baru berfungsi bila diisi dengan staples, serta untuk membandel kertas menggunakan kawat jepret yang dapat menembus pada kertas yang dibandel.
Image of page 4
Image of page 5
  • Summer '16
  • tit mayani

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern