2 Salah satu ciri kejahatan di dunia maya cyber crime adalah memanfaatkan

2 salah satu ciri kejahatan di dunia maya cyber crime

This preview shows page 9 - 11 out of 16 pages.

berupa surat elektronik (electronic mail) dan rekaman elektronik. 2. Salah satu ciri kejahatan di dunia maya (cyber crime) adalah memanfaatkan jaringan telematika (telekomunikasi, media dan informatika) global. Aspek global menimbulkan kondisi seakan-akan dunia tidak ada batasnya (borderless) keadaan ini mengakibatkan pelaku, korban serta tempat dilakukannya tindak pidana (locus delicti) terjadi dinegara yang berbeda- beda. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut maka pemberlakuan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana harus diperluas, sehingga tidak hanya mengacu pada asas/ prinsip yang selama ini di anut dalam pasal 2-pasal 9 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana yaitu asas personal, asas territorial, dan asas universal. 3. Untuk merumuskan dan menentukan perbuatan-perbuatan yang dapat dikenai sanksi pidana dalam dunia yang relative baru dan bergerak cepat, tentu bukan merupakan pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu, untuk _________________________________ 12 Buletin Hukum Perbankan Dan KeBanksentralan Volume 4 Nomor 2, Agustus 2006 13 Hinca IP Panjaitan dkk,2005, Membangun Cyber Law Indonesia yang demokratis, Jakarta : IMLPC. Hlm 56-58 AL-MAWARID, VOL. XII, NO 1, FEB-AGUST 2012 H SOFWAN JANNAH & M. NAUFAL Penegakan Hukum Cyber Crime Ditinjau dari Hukum Positif dan Hukum Islam
Image of page 9
78 menjerat pelaku yang melakukan kejahatan-kejahatan di dunia maya (cyber crime), dapat digunakan lembaga penafsiran hukum (interpretasi). Hal ini dimaksudkan untuk menghindarkan timbulnya kekosongan hukum. Ahmad P Ramli (2005: 55-56) menjelaskan penentuan hukum yang berlaku, dikenal adanya beberapa asas yang dapat digunakan, yaitu : a. Subjective territoriality, yang menekankan bahwa keberlakuan hukum pidana ditentukan berdasarkan tempat perbuatan dilakukan dan penyelesaian tindak pidananya dilakukan di negara lain. b. Objective territoriality, yang menyatakan bahwa hukum yang berlaku adalah akibat utamanya perbuatan itu terjadi dan memberikan dampak yang sangat merugikan bagi negara yang bersangkutan. c. Nationality, yang menentukan bahwa negara mempunyai yurisdiksi untuk menentukan hukum berdasarkan kewarganegaraan pelaku tindak pidana. d. Passive nationality, yang menekankan yurisdiksi berdasarkan kewarganegaraan dari korban kejahatan. e. Protective principle, yang menyatakan bahwa berlakunya hukum didasarkan atas keinginan negara untuk melindungi kepentingan negara dari kejahatan yang dilakukan diluar wilayahnya. Azas ini pada umumnya diterapkan apabila korbannya adalah negara atau pemerintah. f. Universality, bahwa setiap negara berhak untuk menangkap dan menghukum pelaku kejahatan. Munculnya kejahatan cyber crime merupakan suatu fenomena yang membutuhkan penanggulangan secara cepat dan akurat.Perubahan terhadap beberapa ketentuan yang terdapat dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana merupakan salah satu cara yang dapat dipergunakan untuk mengatasi jenis kejahatan baru tersebut. Diharapkan dengan dilakukannya berbagai perubahan dalam Kitab Undang Hukum Pidana Nasional sebagai akibat dari timbulnya berbagai perubahan.
Image of page 10
Image of page 11

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 16 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors