Pengertian ini lebih mempertegas arti dari manajemen sebagai suatu proses kerja

Pengertian ini lebih mempertegas arti dari manajemen

This preview shows page 22 - 24 out of 118 pages.

Pengertian ini lebih mempertegas arti dari manajemen sebagai suatu proses kerja yang dilakukan dengan menggunakan sumber daya manusia, baik secara individu maupun kelompok dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan organisasi. Pendapat yang dikemukakan Hersey dan Blanchard ini sejalan dengan pendapat yang dikemukakan oleh Mondy & Premeaux (1995) yang menyatakan bahwa “ management is the process of gettings thing done through the efforts of other people ” (Wijaya dan Rifa’i, 2016:15). Pengertian yang sangat sederhana namun memiliki makna yang cukup luas ini memandang secara konseptual tentang manajemen yang merupakan sebuah proses aktivitas/kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan orang lain. Dalam konsep ini terkandung unsur proses pengaturan, pengarahan dan proses lainnya yang dilakukan oleh seseorang yang harus memiliki kemampuan untuk memimpin. Oleh karena itulah maka dalam proses manajemen adalah juga merupakan proses kepemimpinan. Dalam perkembangannya, pemimpin dalam proses manajemen ini seringkali disebut dengan istilah manajer. Pendapat yang lebih lugas dikemukakan oleh Griffin (2006), yang mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat
Image of page 22
21 Modul Manajemen Pengawas Pelatihan Kepemimpinan Pengawas dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan waktu dan agenda yang telah ditetapkan. Selanjutnya, menurut Sondang P. Siagian (2005), manajemen adalah keseluruhan proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang ditentukan sebelumnya. Sedangkan Sarinah (2017:7), mengemukakan bahwa “Manajemen adalah Suatu Proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya”. Plunket dkk. mendefinisikan manajemen sebagai “ One or more managers individually and collectively setting and achieving goals by exercising related functions (planning, organizing, staffing, leading, and controlling) and coordinating various resources (information, materials, money, and people)”. Artinya, “Satu atau lebih manajer secara individual dan bersama-sama menetapkan dan mencapai tujuan-tujuan dengan menjalankan fungsi terkait (perencanaan, pengorganisasian, pengaturan staf, memimpin, dan mengendalikan) dan mengoordinasikan berbagai sumber daya (informasi, materi, uang, dan orang) ( 06/definisi- manajemen-pengertian-menurut-ahli.html). Lewis dkk. (2004:5) mendefinisikan manajemen sebagai: “the process of administering and coordinating resources effectively and efficiently in an effort to achieve the goals of the organization.” (proses mengelola dan mengkoordinasi sumber daya-sumber daya secara efektif dan efisien sebagai usaha untuk mencapai tujuan organisasi. (dalam - manajemen-pengertian-menurut-ahli. html). Sedangkan Mary Parker Follet, mengemukakan bahwa manajemen adalah seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain
Image of page 23
Image of page 24

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 118 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors