Course Hero Logo

2 teori instrumental conditioning prinsip dan

Course Hero uses AI to attempt to automatically extract content from documents to surface to you and others so you can study better, e.g., in search results, to enrich docs, and more. This preview shows page 13 - 15 out of 25 pages.

2.Teori instrumental conditioningPrinsip dan aplikasi instrumental conditioning terdiri dari:1.Penguatan ( reinforcement)2.2. Pembentukan (shaping)3.Pemadaman dan pemulihan spontan4.Generalisasi dan diskriminasi5.Hukuman.Adapun kelemahan dari teori ini yaitu pada dasarnya teori ini merupakansuatu kelanjutan dari teori pertama sehingga kelemahannya juga sama denganteori pertama.3.Teori cognitif learningWalter Mischel mengusulkan satu teori kognitif sosial satu pendekatan unitdasar studi yang bergeser dari individu kepada kegiatan kognitif dan tingkah lakudalam hubungannya dengan situasi tertentu. Iya memadukan konsep-konsep darikognitif dan psikologi sosial ke konsep tingkah laku di dalam hubungannyadengan interaksi seseorang dengan situasi. Mischel menggambarkan beberapaimplikasi yang menarik dan beralasan yang memiliki relevansi bagi murid dalammembuat keputusan di sekolah. Berdasarkan pada asumsinya bahwa lingkunganpsikologi yang mempengaruhi tingkah laku. akhirnya, mischel menekankanperlunya studi tentang tingkah laku sebagai interaksi individu dengan keadaanlingkungan.10
4.Teori belajar sosialTeori ini beranggapan bahwa masalah proses psikologi terlalu dianggappenting atau sebaliknya hanya ditelaah sebagian saja. menurut teori belajar sosialyang terpenting ialah kemampuan seseorang untuk mengabstraksikan informasidari perilaku orang lain,m mengambil keputusan mengenai perilaku mana yangakan ditiru dan kemudian melakukan perilaku-perilaku yang dipilih.C.Jenis-jenis BelajarManusia memiliki beragam potensi, karakter, dan kebutuhan dalambelajar. Karena itu banyak tipe-tipe belajar yang dilakukan oleh manusia. Gegnemengemukakan ada 8 tipe belajar yaitu:1.Belajar isyarat, Menurut Gegne ternyata tidak semua reaksi spontanmanusia terhadap stimulus sebenarnya tidak menimbulkan respon titikdalam konteks inilah signal learning terjadi.2.Belajar stimulus respon,belajar tipe ini memberikan respon yang tepatterhadap stimulus yang diberikan. reaksi yang tepat diberikan penguatansehingga terbentuk perilaku tertentu.3.Belajar merantaikan,tipe ini merupakan belajar dengan membuat gerakangerakan motorik sehingga akhirnya membentuk rangkaian gerak dalamurutan tertentu.4.Belajar asosiasi verbal, tipe ini merupakan belajar menghubungkan suatukata dengan suatu objek yang berupa benda, orang atau kejadian danmerangkaikan sejumlah kata dalam urutan yang tepat.5.Belajar membedakan koma, tipe belajar ini memberikan reaksi yangberbeda-beda pada stimulus yang mempunyai kesamaan.6.Belajar konsep, belajar mengklasifikasikan stimulus, atau menempatkanobjek objek dalam kelompok tertentu yang membentuk suatu konsep.7.Belajar dalil, tipe ini merupakan tipe belajar untuk menghasilkan aturanatau kaidah yang terdiri dari penggabungan beberapa konsep . Hubunganantara konsep biasanya dituangkan dalam bentuk kalimat.

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

End of preview. Want to read all 25 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Term
Fall
Professor
abil mansyur
Tags

Newly uploaded documents

Show More

Newly uploaded documents

Show More

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture