Sebagai atap memiliki mahkota pada puncak atapnya

This preview shows page 23 - 26 out of 54 pages.

sebagai atap memiliki mahkota pada puncak atapnya, dimana ornamen pada ujung atap merupakan ornamen dengan bentuk sulur tanaman yang berbentuk lengkung. Penggunaan ornamen menggambarkan bentuk tangan yang menengadah seperti orang berdoa, unsur- unsur tanaman yang ada pada bangunan masjid merupakan penyesuaian kebudayaan Hindu. Masjid ini memiliki dinding yang menyelubungi tempat wudhu dan tempat sholat, tidak adanya dinding pada area serambi mempertegas kesan terbuka yang bertujuan untuk menarik warga untuk datang dan belajar agama Islam. Dinding pembatas area sholat pria dan wanita pada masjid ini memiliki kerawang dan bouvenlietch yang berbentuk jeruji kayu yang berfungsi untuk mempercantik dinding dalam, melancarkan aliran udara. Tabel 3.3. Foto detail kerawang masjid Gambar 3.3. Pola kerawang masjid Gambar 3.4. Detail kerawang masjid
Image of page 23

Subscribe to view the full document.

19 Kolom pada bangunan masjid ini berukuran lebih besar (kolom soko guru) memiliki ornamen pada kepala kolomnya, sedangkan kolom yang berukuran kecil (kolom soko penanggap) tidak memiliki ornamen, kedua kolom memiliki umpak. Kolom pada masjid ini terbuat dari kayu dengan umpak semen, kayu pada kolom masjid dipelitur dan diperkuat dengan anti rayap. Meskipun sudah dipelitur dan dirawat dengan anti rayap, material kayu tidak dapat bertahan hingga berpuluh-puluh tahun sehingga sudah ada penggantian pada kolom agar tidak rubuh pada tahun 2005. Tabel 3.4. Foto detail kolom masjid Gambar 3.5. Kolom masjid Sulthoni Plosokuning Gambar 3.6. Kolom dan umpak masjid Sulthoni Plosokuning Gambar 3.7. Kolom masjid Sulthoni Plosokuning Jendela dan gerbang Bukaan (jendela) masjid ini berupa jendela dan jeruji kayu yang berfungsi untuk pencahayaan dan sirkulasi udara pada ruang-ruang dalam masjid. Jendela-jendela ditempatkan pada bagian dalam masjid sehingga dapat dibuka-tutup untuk menghalangi air hujan masuk serta untuk alasan keamanan. Gerbang pada masjid Sulthoni Plosokuning merupakan sejenis gapura bernama paduraksa yang merupakan bagian dari gaya arsitektur Hindu. Kegunaan bangunan ini adalah sebagai pembatas sekaligus gerbang akses penghubung antarkawasan dalam kompleks bangunan khusus. Dua gerbang (utama dan samping) yang menjadi akses masuk pada masjid ini memiliki sosok yang lebih besar, menghubungkan masjid dengan rumah penduduk sekitar, gerbang sekunder (samping) menghubungkan masjid ini dengan jalan di luar tapak bangunan.
Image of page 24
20 BAB IV DINAMIKA AKULTURASI ARSITEKTUR PADA MASJID SULTHONI PLOSOKUNING DI SLEMAN, YOGYAKARTA Kota Yogyakarta merupakan daerah yang memiliki kebudayaan dan sejarah yang masih kental, masuknya kebudayaan Hindu ke Jawa pada abad ke 8 menyebabkan adanya pengaruh gaya arsitektur Hindu pada gaya arsitektur Jawa. Hal ini dibuktikan dari banyaknya bangunan-bangunan bersejarah di Yogyakarta yang memiliki pengaruh dari kebudayaan Hindu. Bukti-bukti peninggalan arsitektur Hindu yang masih ada hingga sekarang ialah candi yang merupakan bangunan peribadatan yang dibangun pada masa kejayaan kerajaan Hindu di Indonesia. Dari fungsi, bentuk, tatanan dan ornamen candi, dapat ditentukan ciri khas dan pengaruh bangunan candi kepada bangunan lainnya di Jawa.
Image of page 25

Subscribe to view the full document.

Image of page 26
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes