Pada abad ke 19 dan awal abad ke 20 ada jalan lain

  • No School
  • AA 1
  • 26

This preview shows page 3 - 5 out of 26 pages.

Pada abad ke-19 dan awal abad ke-20, ada jalan lain yang lebih terlokalisasi untuk pendidikan Islam formal, seperti lembaga Sumatra Barat yang dikenal sebagai surau.10 Sekolah-sekolah Islam yang lebih tua seperti surau menyediakan pengajaran dasar dalam bahasa Arab di luar batas minimum yang diperoleh dalam pengajian Qur ' sebuah. Selain menawarkan lebih banyak bahasa Arab, surau juga memberi siswa kesempatan untuk membaca dan menyusun beberapa teks keagamaan klasik. Kebanyakan kitab adalah komentar (Ind. Syarah; Ar. Sharh) dalam dialek lokal dan / atau bahasa Arab pada teks Arab yang merupakan komentar atau gloss pada teks Arab yang lebih tua. Pada paruh pertama abad ke-20, sekolah-sekolah Islam lokal seperti surau memberi jalan kepada lembaga- lembaga yang lebih modern dan standar yang meniru prototipe Muslim Barat dan baru. Penyebaran sekolah-sekolah Muslim yang direformasi ini adalah bagian dari "pemunculan kembali" pengetahuan dan praktik Islam yang terjadi di seluruh Asia Tenggara pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 (Bab 1). Hari ini, seperti pada akhir abad kesembilan belas, banyak siswa yang tertarik dalam pembelajaran Islam tingkat lanjut memilih yang pertama dari pilihan pendidikan di atas: mendaftar di sebuah sekolah asrama Islam (pesantren, Jawa., Menyalakan tempat tinggal bagi siswa atau santri Islam; juga dikenal sebagai pondok atau pondok pesantren, dari
Image of page 3
pondok, Jawa dan Melayu, "pondok, pondok"). Variasi Melayu-Indonesia tentang madrasah Timur Tengah klasik, pesantren didedikasikan untuk studi dan transmisi ilmu-ilmu Islam, termasuk pengetahuan tentang Alquran dan hadis, yurisprudensi (fiqh), tata bahasa Arab, prinsip-prinsip agama (usul ad -din), sumber-sumber hukum (usul al-fiqh), teologi didaktik (kalam), dan mistisisme (ta- sawwuf). Saat ini mayoritas siswa santri mengabdikan hanya beberapa tahun untuk studi agama mereka, biasanya setelah menyelesaikan sekolah dasar atau menengah pertama. Masa studi yang relatif singkat ini cukup untuk memberikan seorang siswa dengan keterampilan yang dibutuhkan untuk melayani sebagai pemimpin masjid (imam, peran yang diperuntukkan bagi pria) atau guru agama desa (ustadz, terbuka untuk kedua jenis kelamin). Namun, periode penelitian yang singkat ini, tidak cukup untuk memenuhi syarat seseorang sebagai sarjana agama ('alim; ulama' ulama). Anak muda yang bercita-cita untuk status yang terakhir biasanya harus mencurahkan enam, delapan, atau bahkan lebih tahun untuk studi agama. Seperti halnya madrasah-madrasah di Timur Tengah abad pertengahan, dulunya murid-murid tingkat lanjut berkeliaran dari satu guru ke guru lainnya, tinggal cukup lama di satu tempat untuk menguasai sebuah buku di bawah bimbingan seorang sarjana yang terkenal karena keahliannya dalam teks itu. Ketika seorang guru dianggap mahir dalam teks, ia membuat pernyataan ritual atau, lebih jarang, memberikan sertifikat yang dikenal sebagai ijaza.
Image of page 4
Image of page 5

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 26 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors