Apabila kegiatan pengolahan data sampai di sana maka

  • No School
  • AA 1
  • 14

This preview shows page 5 - 7 out of 14 pages.

Apabila kegiatan pengolahan data sampai di sana, maka kegiatan ini disebut statistik deskriptif. Tetapi boleh jadi peneliti tertarik untuk menganalisis apakah perbedaan nilai tersebut signifikan. Yaitu apakah benar mahasiswa yang bekerja mempunyai nilai rata-rata lebih rendah daripada mahasiswa yang tidak bekerja. Maka kegiatan untuk menganalisis perbedaan itu disebut statistik inferensial. Lebih jauh, dengan statistik inferensial peneliti akan mengetahui besarnya pengaruh pekerjaan terhadap nilai yang diperoleh mahasiswa dalam suatu mata kuliah. Statistik deskriptif bertujuan mengubah kumpulan data mentah menjadi mudah dipahami dalam bentuk informasi yang lebih ringkas. Sedangkan statistik inferensial bertujuan untuk menyediakan dasar peramalan dan estimasi yang digunakan untuk mengubah informasi menjadi pengetahuan.
Image of page 5

Subscribe to view the full document.

Gambar 1.2 Jenis Statistika Pada proses pengumpulan data, tentu saja tidak bisa dilakukan secara sembarangan tetapi ada tahapan-tahapan dan cara-cara atau teknik-teknik tertentu sebagai pedomannya yang disebut sebagai metode. Metode ini dikenal sebagai statistika. Dalam statistika, ada metode-metode tertentu sebagai pedoman untuk menyajikan data sehingga secara ringkas dapat dengan mudah dipahami. Misalnya membuat tabel atau grafik rata-rata luas lahan yang dimiliki oleh petani berdasarkan jenis lahan dan status ekonomi petani. Metode penyederhanaan data sehingga mudah dipahami dikenalsebagai statistika deskriptif. Statistika deskriptif pada awalnya merupakan bidang kajian yang sangat penting, walaupun saat ini bukan merupakan bidang kajian pokok dalam Statistika. Tujuan utama statistika saat ini adalah menginterpretasikan atau menafsirkan (inference) data, yang dikenal dengan istilah statistika inferensial. Misalnya dengan melihat grafik rata-rata pemilikan lahan berdasarkan status sosial ekonomi petani, melalui angka-angkanya bisa melihat bahwa rata- rata pemilikan lahan petani dengan tingkat sosial ekonomi tertentu lebih luas dibandingkan dengan status ekonomi lainnya. Tapi untuk nelakukan interpretasi lebih jauh, harus menyadari bahwa statistik yang tersaji berasal dari suatu sampel bukannya populasi, sehingga belum tentu menggambarkan kondisi yang sebenarnva, atau dengan kata lain masih berada dalam suatu kondisi ketidakpastian. Jenis statistika dalam pengertian sebagai ilmu dibedakan menjadi dua (Gambar 1.2), yaitu: (1) statistika deskriptif; dan (2) statistika inferensial. Statistika deskriptif (perian) mempunyai tujuan untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran objek yang diteliti sebagaimana adanya tanpa menarik kesimpulan atau generalisasi. Dalam statistika deskriptif ini dikemukakan cara-cara penyajian data dalam bentuk tabel maupun diagram, penentuan rata-rata (mean), modus, median, rentang, serta simpangan baku. Statistik deskriptif adalah statistik yang berfungsi untuk mendeskripsikan atau memberi gambaran terhadap objek yang diteliti melalui data sampel atau populasi sebagaimana adanya, tanpa melakukan analisis dan membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum (Sugiyono, 2007:21). Statistik deskriptif
Image of page 6
Image of page 7
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes