2 Sikap negatif yaitu a Sikap apolitik Penganut paham ini bersikap masa bodoh

2 sikap negatif yaitu a sikap apolitik penganut paham

This preview shows page 61 - 64 out of 76 pages.

2. Sikap negatif, yaitu: a. Sikap apolitik. Penganut paham ini bersikap masa bodoh dan tidak peduli terhadap urusan politik karena memandang urusan-urusan politik sebagai perkara duniawi yang kotor. Orang Kristen tidak sepatutnya mengurusi hal-hal demikian dan fokus kepada hal-hal rohaniah saja. b. Sikap ingin meraih kekuasaan. Saat ini ada banyak orang Kristen berkecimpung di dunia politik. Bahkan sejak tahun 1999 telah muncul partai-partai politik Kristen yang berkiprah di negara Indonesia ini. Ada asumsi bahwa kemungkinan sebagian dari partai-partai tersebut memiliki motivasi ingin meraih kekuasan politik. Menjadi golongan yang sering mengalami intimidasi dan termarjinalkan karena minoritas memunculkan hasrat untuk masuk dalam struktur kekuasaan. c. Sikap apatis. Sikap ini merupakan sikap yang tidak mau tahu terhadap segala tetek bengek urusan politik. 3. Gereja dan umat Tuhan perlu mendukung pemerintah dalam programnya sehingga segala cita-cita tersebut dapat tercapai. Roma 13:4 menyatakan pemerintah adalah hamba Allah dan orang percaya harus takluk kepadanya. Yesus sendiri meminta murid-murid-Nya agar mendoakan para penguasa supaya mereka tidak memerintah dengan tangan besi, tetapi dengan kebenaran, keadilan, kejujuran, dan ketulusan (Mrk. 10:41-45). Rangkuman 1. Politik adalah penyelenggaraan pemerintahan pengembangan negara, pembangunan negara, dan segala sesuatunya yang bersifat konstruktif. 2. Pada dasarnya sejak zaman perjuangan bangsa Indonesia, umat Kristen telah berkecimpung di dunia perpolitikan bangsa. Dimulai dengan berdirinya CEP, yang kemudian berubah menjadi CSP. Para politisi Kristen saat itu juga terlibat aktif dalam penyusunan UUD 1945 menuju Indonesia merdeka. 3. Meski ada pilihan untuk bersikap negatif, umat kristiani sepatutnya tetap bersikap
Image of page 61
62 positif terhadap politik dengan menyadari tanggung jawabnya untuk menjadi garam dan terang dunia sehingga patut untuk terlibat aktif dalam politik sesuai dengan peran yang diembannya. Latihan Soal 1. Jelaskan apa saja partisipasi politik umat kristiani dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia? 2. Perlukah orang Kristen terlibat aktif dalam politik praktis? Jelaskan! 3. Politisi seperti apakah yang dibutuhkan negara ini? 4. Kembangkanlah relasi yang paling tepat antara iman Kristen dengan politik! 5. Apa saja sumbangsih yang dapat dilakukan orang percaya dalam dinamika politik bangsa ini?
Image of page 62
63 Modul 10: ORANG KRISTEN DAN HUKUM Learning Objective Setelah mempelajari topik ini, mahasiswa dapat: 1. Menjelaskan kaitan antara hukum dengan HAM 2. Menentukan sikap orang Kristen terhadap hukum A. Hukum dan Kaitannya dengan HAM 1. Unsur-Unsur Hukum a. Peraturan yang mengatur kehidupan bermasyarakat. Maksudnya di sini adalah peraturan hukum yang berisi pengaturan yang bersifat kompleks guna mengatur kehidupan bermasyarakat. Tentu saja tujuannya adalah tercapainya keadilan, kemanfaatan, dan kepastian hukum.
Image of page 63
Image of page 64

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 76 pages?

  • Fall '19
  • afawfawazg

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes