Pelatihan pegawai yang relevan f Sumber daya yang diperlukan g Perkiraan waktu

Pelatihan pegawai yang relevan f sumber daya yang

This preview shows page 48 - 51 out of 115 pages.

Pelatihan pegawai yang relevan (f). Sumber daya yang diperlukan (g). Perkiraan waktu penyelesaian-jadwal kerja 2) Mengimplementasikan rencana (a). Melaksanakan rencana secara konsisten (b). Pengendalian oleh pimpinan, yang memberi perhatian khusus terhadap kemajuan pelaksanaan rencana, utamanya pada: kelemahan atau hambatan dalam menerapkan rencana dan tidakan-tindakan yang sulit dilaksanakan untuk dicari solusinya. c) Tahap Penilaian 1) Melakukan penilaian internal, untuk melihat sejauh mana sistem manajemen mutu yang dilaksanakan efektif dan sesuai dengan persyaratan standar yang dijadikan pedoman. 2) Jika ada kurang, lakukan perbaikan-perbaikan yang diperlukan. Penerapan SSM-ISO bukan berarti tanpa hambatan. Berikut ini beberapa hambatan yang sering dijumpai (Suardi, 2004, disempurnakan): a) kurang komitmen pimpinan b) kurang sumber daya c) kurang partisipasi pegawai dan pimpinan d) keterbatasan waktu e) kurang pemahaman f) kurang pemantauan, pengendalian g) pembatasan eksternal Untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut, dapat dilakukan bebarapa upaya, antara lain: a) mengadakan pertemuan/review berkala b) infrastruktur untuk implementasi c) mengadalan pelatihan yang diperlukan d) membuat indikator kinerja dan targetnya yang terukur
Image of page 48
42 Modul Manajemen Mutu Pelatihan Kepemimpinan Pengawas e) menyediakan sumber daya yang cukup f) membangun komunikasi antar pimpinan, antar staf,dan seluruh komponen untuk terlibat aktif dalam membangun sistem manajemen mutu. 4. Komponen Manajemen Mutu Dalam menerapkan manajemen mutu, ada beberapa komponen utama yang perlu diperhatikan dalam manajemen mutu. Tiap komponen yang dapat merupakan bagian atau unit- unit organisasi dalam manajemen mutu, sebagai berikut: a) Perencanaan Mutu ( quality plan ) Bagian dari manajemen mutu, yang menerjemahkan kebijakan mutu ke tujuan (barang dan jasa) yang terukur sesuai persyaratan dan menentukan urutan langkah untuk menghasilkan tujuan tersebut dalam jangka waktu tertentu. Pengertian lainnya, adalah serangkain proses untuk menjamin suatu mutu atau kualitas dari produk (barang dan jasa) . Dalam perencanaan mutu, ada beberapa aspek yang perlu disusun atau masuk dalam rencana: Quality objectives, Quality standars, Customer satisfaction, Continuous improvement, Inspection and testing procedures Hasil perencanaan mutu, menjadi acuan dalam melakukan penjaminan mutu, pengendalian mutu, dan peningkatan mutu kualitas. b) Penjaminan Mutu ( quality assurance) Bagian dari manajemen mutu, yang difokuskan pada memberi keyakinan bahwa persyaratan mutu akan dipenuhi. c) Pengendalian Mutu dan ( quality control) Bagian dari manajemen mutu, dengan fokus pada pemenuhan persyaratan mutu produk (barang dan jasa) yang dihasilkan. d) Peningkatan Mutu (quality improvement)
Image of page 49
43 Modul Manajemen Mutu Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Upaya peningkatan mutu dengan cara pendekatan yang sistematis, seperti pengurangan atau penghapusan limbah, pengerjaan berulang, dan kerugian dalam biaya produksi.
Image of page 50
Image of page 51

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 115 pages?

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors