223 membaca reading 5 membaca adalah aktivitas

This preview shows page 8 - 11 out of 30 pages.

2.2.3 Membaca ( reading ) 5
Image of page 8

Subscribe to view the full document.

Membaca adalah aktivitas membaca teks secara aktif untuk mencari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun. Membaca aktif juga berarti membaca yang difokuskan pada paragraf-paragraf yang diperkirakan mengandung jawaban relevan dengan pertanyaan yang telah disusun. Menurut teori konstruktivisme, pengetahuan dibangun atau dikonstruksi secara aktif oleh siswa sendiri. 2.2.4 Diskusi ( discussing ) Diskusi merupakan sarana untuk mengungkapkan dam merefleksikan pikiran siswa. Gokhale (dalam Ansari, 2009 : 15) mengatakan aktivitas siswa dalam diskusi tidak hanya meningkatkan daya tarik antar partisipan tetapi juga dapat meningkatkan cara berfikr kritis. Baroody (dalam Ansari, 2009 : 15) mengemukakan mendiskusikan suatu ide adalah cara yang baik bagi siswa untuk menjauhi gap, ketidakkonsistenan, atau suatu keberhasilan kemurnian berfikir. Diskusi dapat menguntungkan pendengar yang baik, karena memberikan wawasan baru baginya. 2.2.5 Menulis ( writing ) Menulis adalah alat yang bermanfaat dari berfikir, siswa memperoleh pengalaman matematika sebagai suatu aktivitas yang kreatif. Rose (dalam Ansari, 2009 : 16) menyatakan bahwa menulis dipandang sebagai proses berpikir keras yang dituangkan di atas kertas. Manzo (dalam Ansari, 2009 : 16) mengatakan meningkatkan taraf berfikir siswa ke arah yang lebih tinggi (higher-order-thinking). 2.3 Kemampuan Komunikasi Matematika Komunikasi dalam matematika berkaitan dengan kemampuan dan ketrampilan siswa dalam berkomunikasi. Kemampuan komunikasi matematika dapat terjadi ketika siswa belajar dalam kelompok, ketika siswa menjelaskan suatu algoritma untuk memecahkan suatu persamaan, ketika menyajikan cara unik, untuk memecahkan masalah, ketika siswa mengkonstruk dan menjelaskan suatu 6
Image of page 9
representasi grafik terhadap fenomena dunia nyata, atau ketika siswa memberikan suatu konjektur tentang gambar-gambar geometri (dalam Ansari, 2009 : 10). Selanjutnya Greenes dan Schulman (dalam Ansari, 2009 : 10) menyatakan bahwa: Kemampuan komunikasi matematika dapat terjadi ketika siswa (1) menyatakan ide matematikamelalui ucapan, tulisan, demonstrasi dan melukiskannya secara visual dalam tipe yang berbeda, (2) memahami, menafsirkan, dan menilai ide yang disajikan dalam tulisan, lisan atau dalam bentuk visual, (3) mengkonstruk, menafsirkan dan menghubungkan bermacam-macam repsentasi ide dan hubungannya. Komunikasi matematika bukan hanya sekedar menyatakan ide melalui tulisan tetapi lebih luas lagi yaitu kemampuan siswa dalam hal bercakap, menjelaskan, menggambarkan, mendengar, menanyakan, klarifikasi, bekerja sama, menulis, dan akhirnya melaporkan ini dipertegas oleh pernyataan Sullivan & Mousley (dalam Ansari, 2009 : 10). Untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa, perlu adanya indikator untuk mengukurnya. Indikator komunikasi matematika lisan menurut Djumhur (dalam Junaidi:2010) adalah siswa dapat melakukan hal-hal berikut : Menyajikan suatu penyelesaian dari suatu masalah Menggunakan tabel, gambar, model dan lain-lain untuk menyampaikan jawaban dari suatu masalah.
Image of page 10

Subscribe to view the full document.

Image of page 11
  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask 0 bonus questions You can ask 0 questions (0 expire soon) You can ask 0 questions (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes