Intensitas hujan adalah banyaknya curah hujan yang

  • No School
  • AA 1
  • 8

This preview shows page 2 - 4 out of 8 pages.

Intensitas hujan adalah banyaknya curah hujan yang jatuh per satuan waktu, dinyatakan dalam mm/jam. Intensitas hujan menunjukkan lebat tidaknya hujan. Intensitas hujan yang besar, berarti air yang dicurahkan jumlahnya banyak dalam waktu singkat, butiran airnya besar, dan akan menyebabkan erosi lebih besar lagi, karena limpasan permukaan yang besar, sementara resapan air akan terhambat (Hanafi, 1988). Curah hujan jangka pendek dinyatakan dalam intensitas per jam yang disebut intensitas curah hujan (mm/jam). Intensitas curah hujan rata-rata dalam t jam ( I t ) dinyatakan (Suyono & Takeda, 1980): t R I t t (1) dengan R t = curah hujan selama t jam. Besarnya intensitas curah hujan itu berbeda-beda yang disebabkan oleh lamanya curah hujan atau frekuensi kejadiannya. Beberapa rumus intensitas curah hujan yang dihubungkan dengan hal ini, telah disusun sebagai persamaan-persamaan eksperimental. Salah satu di antaranya yang sering digunakan di Jepang adalah sebagai berikut: b t a I ' (2) Persamaan (2) dikemukakan oleh Talbot, disebut jenis Talbot dan banyak digunakan karena mudah diterapkan dimana tetapan-tetapan a dan b ditentukan dengan nilai-nilai yang diukur. n t a I (3) Persamaan (3) dikemukakan oleh Sherman, disebut jenis Sherman. Persamaan (3) cocok untuk jangka waktu curah hujan yang lamanya lebih dari dua jam. b t a I (4) Persamaan (4) dikemukakan oleh Ishiguro. Persamaan (2), (3), dan (4) adalah persamaan-persamaan intensitas curah hujan untuk curah hujan jangka pendek. m t R I 24 24 24 (5) dengan I = Intensitas curah hujan (mm/jam). t = lamanya curah hujan (menit), untuk pers (5) dalam (jam). a, b, n, m = tetapan 24 R = curah hujan maksimum dalam 24 jam (mm).
Image of page 2
Persamaan (5) disebut rumus Mononobe dan merupakan sebuah variasi dari persamaan (3) dan digunakan untuk menghitung intensitas curah hujan setiap waktu berdasarkan data curah hujan harian. Klasifikasi iklim di Indonesia menurut Schmidt-Ferguson (1951) dalam Hanafi (1988) didasarkan kepada perbandingan antara Bulan Kering (BK) dan Bulan Basah (BB). BK: bulan dengan curah hujan lebih kecil dari 60 mm, BB: bulan dengan curah hujan lebih besar dari 100 mm, dan Bulan Lembab: bulan dengan curah hujan antara 60-100 mm. Adapun persamaan penentuan tipe curah hujan ( rainfall type ) yang dinyatakan dalam nilai Q ( quatient Q ) adalah sebagai berikut: % 100 Basah Bulan jumlah rata rata Kering Bulan jumlah rata rata Q (6) Besarnya nilai Q dapat ditentukan tipe curah hujan suatu tempat atau daerah. Kisaran nilai Q untuk menentukan tipe curah hujan dapat dilihat dalam tabel Schmidt-Ferguson seperti ditunjukkan pada tabel 1. Tabel 1. Tipe curah hujan menurut Schmidt-Ferguson. Nilai Q (%) Tipe curah hujan Sifat 0 ≤ Q < 14,3 A Sangat basah 14,3 ≤ Q < 33,3 B Basah 33,3 ≤ Q < 60 C Agak basah 60 ≤ Q < 100 D Sedang 100 ≤ Q <1 67 E Agak kering 167 ≤ Q < 300 F Kering 300 ≤ Q < 700 G Sangat kering 700 ≤ Q H Luar biasa kering Sumber: Hanafi, 1988. METODE PENELITIAN Dalam penelitian ini data curah hujan yang digunakan berasal dari data curah hujan Stasiun Meteorologi Padang Kemiling, Bengkulu. Data curah hujan ini merupakan data curah hujan bulanan selama kurun waktu 30 tahun (1977 s.d. 2006). Data curah hujan yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan Software Microsoft Excel, sehingga diperoleh nilai rata-rata curah hujan selama 30 tahun yang kemudian disebut sebagai curah
Image of page 3
Image of page 4

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 8 pages?

  • Fall '19

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes