Doucouliagos 2006 menyimpulkan bahwa jumlah remunerasi Direksi memiliki

Doucouliagos 2006 menyimpulkan bahwa jumlah

This preview shows page 68 - 72 out of 123 pages.

Doucouliagos (2006) menyimpulkan bahwa jumlah remunerasi Direksi memiliki hubungan yang positif yang kuat dengan laba per saham dan ROE pada perbankan Australia. Penentu utama dari besarnya gaji Direksi perbankan di Australia adalah kebijakan manajerial bank, ukuran bank, usia direksi dan kepemilikan saham direksi. Dari uraian tersebut, maka dapat dirumuskan hipotesis penelitian sebagai berikut:
Image of page 68
54 H6: Remunerasi anggota Dewan Direksi berpengaruh positif terhadap kinerja keuangan.
Image of page 69
55 BAB III METODOLOGI PENELITIAN A. Jenis dan Pendekatan Penelitian Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder untuk semua variabel yaitu kinerja keuangan bank umum syariah dan data karakteristik Direksi yang terdapat pada laporan tahunan bank umum syariah selama tahun 2011 sampai dengan tahun 2015. B. Lokasi dan Waktu Penelitian Penelitian ini dilakukan pada bank umum syariah di Indonesia pada tahun 2011-2015, melalui akses internet ke situs resmi masing-masing bank umum syariah tersebut. C. Populasi dan Sampel Populasi menurut Supardi (2005:101) adalah suatu kesatuan individu atau subyek pada wilayah dan waktu serta dengan kualitas tertentu yang akan diamati. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Syariah di Indonesia sejumlah 11 bank. Sampel menurut Supardi (2005:103) adalah bagian dari populasi yang dijadikan subyek penelitian sebagai wakil dari para anggota populasi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling (penarikan sampel secara tidak acak). Menurut Sugiyono (2010:66), nonprobability sampling adalah teknik pengambilan sampel yang tidak memberikan peluang atau kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota yang dipilih menjadi sampel. Bagian dari nonprobability
Image of page 70
56 sampling yang digunakan adalah purposive sampling . Menurut Sugiyono (2010:68) yang dimaksud purposive sampling adalah teknik penentuan sampel dengan cara pertimbangan tertentu. Kriteria-kriteria pemilihan sampel tersebut diantaranya, perusahaan perbankan yang terdaftar sebagai perusahaan perbankan yang go public antara lain: a. Bank yang menerbitkan annual report selama 5 tahun berturut-turut yaitu tahun 2011-2015. b. Bank Syariah yang termasuk dalam Bank Umum Syariah. c. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah bank yang termasuk dalam Bank Umum Syariah berjumlah 11 bank yaitu sebagai berikut: Tabel 3.1 Daftar nama bank sampel No. Nama Bank 1 BNI Syariah 2 Bank Mega Syariah 3 Bank Muamalat 4 Bank Mandiri Syariah 5 BRI Syariah 6 Bank Syariah Bukopin 7 Bank Jabar Banten Syariah 8 BCA Syariah 9 Panin Bank Syariah 10 Bank Victoria Syariah 11 Maybank Syariah Sumber : D. Teknik Pengumpulan Data Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode pengumpulan data dari basis data sebab penulis mengambil data sekunder.
Image of page 71
Image of page 72

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 123 pages?

  • Fall '19

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes