mahasiswanya tentu harus menggunakan bahasa yang sifatnya formal yang biasa

Mahasiswanya tentu harus menggunakan bahasa yang

This preview shows page 62 - 64 out of 185 pages.

mahasiswanya, tentu harus menggunakan bahasa yang sifatnya formal, yang biasa dinamai bahasa baku. Situasinya adalah situasi resmi. Guru itu tentu tidak dapat menggunakan bahasa santai, misalnya menggunakan bahasa berdialek Jakarta, atau dialek Ambon, atau Manado. Seorang yang menulis lamaran ke suatu departemen atau perusahan, harus juga menggunakan ragam bahasa baku yang resmi. Begitu juga dengan seorang yang menulis artikel untuk suatu surat kabar. Dia tidak punya pilihan lain. Seorang kuli di pelabuhan Tanjungpriok yang bercakap-cakap dengan temannya sesama kuli, tentu harus menggunakan bahasa seperti yang biasa mereka gunakan diantara mereka. Bahasa kuli-kuli pelabuhan itu tentu bukan bahasa ragam bahasa baku, tetapi ragam bahasa santai. Kuli pelabuhan di Tanjungpriok pada umumnya akan menggunakan dialek Jakarta dengan kata sapaan gue dan lu, dengan ude dan aje dan bukan sudah dan saja. Anak-anak remaja di Jakarta mungkin akan bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa prokem di lingkungan mereka sebagai penanda identitas mereka dan usaha membatasi lingkungan mereka dari lingkungan luar karena dengan menggunakan bahasa prokem itu, hanya mereka yang mengerti apa yang mereka bicarakan. Orang luar tidak memahaminya. Kalau seorang ilmuwan bercakap dengan temannya sesama ilmuwan dan yang dibicarakan tentang suatu yang menyangkut suatu ilmu, katakanlah matematka, penerbangan atau sistem monoter, mereka ini tentu harus menggunakan bahas baku atau ragam ilmu yang mereka bicarkan itu. Sebaliknya kalau kita pergi ke pasar dan menawar sayur, ikan, daging, atau apa saja kepada penjual di pasar itu, kita akan menggunakan bahasa ragam santai, sesuai dengan bahasa yang biasa dipakai di daerah itu. Kalau pasar itu di Jogyakarta, tentulah bahasa yang digunakan bahasa Indonesia dialek Jawa Yogya. Kalau pasar itu di
Image of page 62
` Keterampilan Berbahasa Indonesia, Modul 2 | Uraian Materi Pembelajaran 57 Modul 2 pedalaman Sumatra, maka tentu yang dipakainya adalah bahasa ragam pasar pedalaman Sumatra. Bahasa yang sesuai seperti yang dijelaskan di atas itulah yang disebut bahasa yang baik, baik karena cocok dengan situasinya. Kalau kita menggunakan ragam bahasa yang lain yang tidak sesuai dengan situasinya, maka bahasa yang kita gunakan itu dikatakan bahasa yang tidak baik. Bahasa yang benar adalah bahasa yang sesuai dengan kaidahnya, bentuk dan strukturnya. Berbahasa Indonesia baku harus seperti bahasa yang kaidahnya tertulis dalam buku-buku tata bahasa yang diajarkan di sekolah-sekolah. Sebaliknya, bila menggunakan salah satu dialek, dialek Jakarta misalnya, harus betul-betul bahasa Jakarta seperti yang digunakan oleh penduduk asli Jakarta. Itulah yang dimaksud dengan kata benar. Jadi, kita tidak dituntut agar sepanjang hari dengan siapa saja berbahasa Indonesia ragam resmi. Di rumah, kita bercakap-cakap dengan menggunakan bahasa seperti yang biasa kita gunakan dalam lingkungan keluarga kita. Biasanya bahasa di setiap keluarga tidak sama. Kita juga tidak dituntut berbahasa Indonesia yang baku dengan tukang becak. Kalau kita menggunakan bahasa baku dengan
Image of page 63
Image of page 64

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 185 pages?

  • Fall '19
  • indri

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes