Dikumpulkan langsung di lapangan oleh orang yang

Info icon This preview shows pages 47–51. Sign up to view the full content.

dikumpulkan langsung di lapangan oleh orang yang melakukan penelitian atau yang bersangkutan yang memerlukannya. Data primer di dapat dari sumber informan yaitu individu atau perseorangan seperti hasil wawancara yang dilakukan oleh peneliti.
Image of page 47

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

36 2 Data Sekunder Data sekunder adalah data yang diperoleh atau dikumpulkan oleh orang yang melakukan penelitian dari sumber-sumber yang telah ada Ghozali, (2013). 3.5. Metode Pengumpulan Data Pengumpulan data yang dilakukan adalah: a. Study pustaka Dengan cara pengumpulan data secara tidak langsung. Dimana data diperoleh dengan cara mempelajari literature-literatur, jurnal - jurnal, buku-buku, dan referensi yang berhubungan dengan masalah stres kerja dan kompensasi terhadap kinerja melalui motivasi kerja . b. Dokumentasi Dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan mempelajari atau mengumpulkan catatan dan dokumentasi yang berkaitan degan masalah yang di teliti. c. Kuesioner Kuesioner adalah sarana pengumpulan data dalam penelitian yang dilakukan dengan memberikan pernyataan-pernyataan kepada semua responden, dan kemudian data tersebut akan menjadi informasi untuk menjawab tujuan penelitian dan data yang diperoleh harus relevan dan akurat. Skala pengukuran untuk semua indikator di masing-masing variable yaitu menggunakan skala likert (skala 1 sampai dengan 5) yang dimulai dari sangat tidak setuju (STS) lalu sampai dengan sangat setuju (SS). Skala pengukuran ini berarti
Image of page 48
37 bahwa jika hasil nilainya semakin mendekati 1 maka berarti akan semakin tidak setuju. Dan sebaliknya, jika semakin mendekati dengan angka 5 maka berarti semakin setuju (Mulyana et. al, 2011). Secara visual bentuk pengukurannya dapat berupa gambar seperti berikut ini 1 2 3 4 5 STS TS CS S SS Keterangan: STS :Bila Responden Menyatakan Sangat Tidak Setuju diberi nilai 1 TS : Bila Responden Menyatakan Tidak Setuju diberi nilai 2 CS : Bila Responden Menyatakan Cukup Setuju diberi nilai 3 S : Bila Responden Menyatakan Setuju diberi nilai 4 SS : Bila Responden Menyatakan Sangat Setuju diberi nilai 5 d. Wawancara Wawancara merupakan metode pengumpulan data dengan cara melakukan komunikasi dan tatap muka melalui proses tanya jawab kepada narasumber atau responden terpilih. 3.6. Variabel dan Indikator Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (independent) yaitu Stress Kerja (SK), kompensasi (K), dan variabel terikat (dependen) yaitu Motivasi kerja (MK), kinerja perawat (KP). Variabel penelitian harus dapat diukur menurut
Image of page 49

Info icon This preview has intentionally blurred sections. Sign up to view the full version.

38 skala lazim digunakan. Maka dari itu, untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang variabel penelitian maka disajikan tabel berikut. 3.7. Definisi operasional dan indikator variabel Masing-masing definisi operasional dan pengukuran variabel dijelaskan pada tabel dibawah ini : Tabel 3.1. Definisi operasional dan Indikator Variabel Definisi Operasional Indikator Variabel Perhitungan Stres Kerja (SK) Tuntutan pekerjaan dengan sumber daya yang dimiliki karyawan (Indrawan, 2009) 1. Beban kerja yang diterima berlebihan.
Image of page 50
Image of page 51
This is the end of the preview. Sign up to access the rest of the document.
  • Fall '15

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern