Aktivitas mendiagnosa perlu dilakukan sungguh sungguh dengan tujuan menemukan

Aktivitas mendiagnosa perlu dilakukan sungguh sungguh

This preview shows page 29 - 31 out of 71 pages.

Aktivitas mendiagnosa perlu dilakukan sungguh-sungguh dengan tujuan menemukan permasalahan dan merumuskan solusinya. Mendiagnosa dilakukan dengan membaca, melihat, menilai yang dilandasi dengan niat motif, mentalitas atau tujuan untuk mengetahui secara mendalam tentang permasalahan organisasi dan merumuskan solusinya untuk mencapai kondisi yang diharapkan. Gambar 6. Proses Diagnosa Organisasi dan Implementasi Rencana Aksi Diagnosa organisasi secara umum merupakan aktivitas atau upaya untuk memahami isu dan masalah yang ada dalam organisasi secara tepat, Jika cara pandang atau niat melakukan diagnosa tidak dilandasi kepentingan untuk membangun organisasi dari berkinerja buruk menjadi berkinerja baik atau dari berkinerja baik menjadi berkinerja tinggi, maka dapat dipastikan upaya diagnosa organisasi tersebut tidak akan mencapai tujuan yang diharapkan. Jika di dunia medis atau kedokteran, diagnosa menggunakan prosedur, teknik dan alat yang relevan termasuk laboratorium,
Image of page 29
24 Modul Diagnosa Organisasi Pelatihan Kepemimpinan Pengawas maka dalam mendiagnosa organisasi, juga ada prosedur dan teknik-tekniknya. Sebagaimana dijelaskan Tichy, Hornstein dan Nisberg (1977) , seperti dikutip Sunari (2014), bahwa Konsep Diagnosa Organisasi mengacu kepada disiplin ilmu organizational development (OD) yang memerlukan kompetensi teknis. Menurut mereka, diagnosa organisasi memerlukan: kegiatan mendiagnosa dan menilai kinerja suatu organisasi untuk merumuskan tindakan perbaikan. Aktivitas ini mirip dengan praktek dokter yang melakukan diagnosa penyakit pasien dengan cara: melakukan tes, mengumpulkan informasi penting tentang cara kerja atau fungsi organ tubuh, dan mengevaluasi informasi yang diperolehnya untuk upaya penyembuhannya. Demikian pula, diagnosa organisasi menggunakan prosedur khusus untuk mengumpulkan informasi penting, menganalisis informasi. C. Mengapa organisasi yang didiagnosa? Diagnosa organisasi dimaksudkan untuk menilai kondisi organisasi yang semula dianggap masih berupa isu menjadi masalah nyata yang harus diselesaikan. Perubahan isu menjadi masalah dilakukan dengan mengumpulkan dan menganalisa bukti-bukti berupa data/informasi yang relevan dan akurat. Karena itu, masalah merupakan isu yang sudah dibuktikan kebenarannya dengan data/informasi, untuk kemudian dianalis dan menjadi acuan untuk merumuskan solusinya. Cara melakukan diagnosa dapat dilakukan dengan pengamatan, pengisian kuesioner, dan wawancara, atau gabungan mencakup dua atau tiga cara tersebut didukung data atau informasi yang sudah tersedia. Mendiagnosa isu dan masalah organisasi kemudian merumuskan solusinya, merupakan proses pengambilan kebijakan di tingkat organisasi/unit organisasi terkait. Sebagaimana telah dijelaskan, perumusan atau pengambilan kebijakan diawali dengan memahami dan menganalisa isu-isu yang berkembang. Diagnosa organisasi berawal dari identifikasi isu-isu yang relevan. Sebagai contoh, proses diagnosa penyakit pasien misalnya sakit pencernaan yang dilakukan seorang dokter diawali dengan bertanya kepada pasien tentang gejala atau sympton yang
Image of page 30
Image of page 31

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 71 pages?

  • Summer '17

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes
A+ icon
Ask Expert Tutors