5 Respon Risiko Manajemen memilih respon risiko menghindari menerima mengurangi

5 respon risiko manajemen memilih respon risiko

This preview shows page 17 - 19 out of 21 pages.

5. Respon Risiko Manajemen memilih respon risiko - menghindari, menerima, mengurangi, atau berbagi risiko - mengembangkan serangkaian tindakan untuk menyelaraskan risiko dengan toleransi risiko entitas dan resiko. Setelah dinilai dan diidentifikasi risiko lebih signifikan, COSO ERM menyerukan untuk diukur tanggapan terhadap berbagai risiko yang teridentifikasi. Tanggapan risiko ini dapat ditangani dalam salah satu dari empat cara dasar ini: a. Penghindaran. Ini adalah strategi berjalan menjauh dari risiko-seperti menjual sebuah unit usaha yang menimbulkan risiko, keluar dari wilayah geografis berisiko, atau menjatuhkan lini produk. b. Pengurangan. Berbagai keputusan bisnis mungkin dapat mengurangi tertentu risiko. Diversifikasi lini produk dapat mengurangi risiko terlalu kuat dari ketergantungan pada sebuah satu lini produk kunci; operasi pemisahan IT menjadi dua lokasi geografis terpisah akan mengurangi risiko beberapa bencana kegagalan. c. Berbagi. Idenya adalah untuk memiliki pihak lain menerima beberapa potensi risiko serta untuk berbagi dalam penghargaan yang dihasilkan. d. Penerimaan. Ini adalah strategi tidak ada tindakan, seperti ketika suatu perusahaan diri tertanggung dengan mengambil tindakan untuk mengurangi potensi risiko. Manajemen harus mengembangkan strategi respon umum untuk setiap risiko dengan menggunakan pendekatan yang dibangun di sekitar satu atau campuran strategi penghindaran risiko tersebut. Dengan demikian, harus mempertimbangkan biaya dan keuntungan dari setiap respon risiko potensial serta strategi yang terbaik sejalan dengan selera risiko secara keseluruhan perusahaan.
Image of page 17

Subscribe to view the full document.

Penerapan di perusahaan yaitu adanya kerjasama dengan distributor perihal pengiriman vaksin. Misalkan coolbox bocor sehingg suhu standart tidak tercapai. Kerusakan pada vaksin tersebut menjadi tanggung jawab distributor. 6. Pengendalian kegiatan Kebijakan dan prosedur ditetapkan dan dilaksanakan untuk membantu memastikan tanggapan risiko secara efektif dilaksanakan. Kegiatan pengendalian ERM ini adalah kebijakan dan prosedur yang diperlukan untuk memastikan tindakan pada respon risiko diidentifikasi. COSO ERM menyerukan untuk pendekatan mengidentifikasi, mendokumentasikan, pengujian, dan kemudian memvalidasi kontrol proteksi risiko ini. Setelah melalui identifikasi kejadian risiko ERM COSO, proses penilaian, dan respon, risiko pemantauan memerlukan empat langkah berikut: a) Mengembangkan pemahaman yang kuat tentang risiko secara signifikan dan membangun prosedur kontrol untuk memantau atau memperbaikinya. b) Buat prosedur jenis pengujian fire drill untuk menentukan Apakah kontrol terkait prosedur risiko bekerja secara efektif. c) Lakukan tes dari proses pemantauan risiko untuk menentukan Apakah bekerja secara efektif dan seperti yang diharapkan. d) Membuat penyesuaian atau perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan risiko pemantauan proses.
Image of page 18
Image of page 19
  • Fall '16

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern

Ask Expert Tutors You can ask You can ask ( soon) You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes