Course Hero Logo

Disebut sebagai otorisasi yang merupakan bagian

Course Hero uses AI to attempt to automatically extract content from documents to surface to you and others so you can study better, e.g., in search results, to enrich docs, and more. This preview shows page 46 - 49 out of 133 pages.

disebut sebagaiotorisasi,yangmerupakanbagianpentingdaripengendalian dan prosedur organisasi. Otorisasi sering kali didokumentasikansebagai penandatanganan, pemberian tanda paraf, atau memasukan kodeotorisasi atas dokumen atau catatan transaksi. Para pegawai yang memprosestransaksi harus memverifikasi keberadaan otorisasi yang sesuai. Auditormeninjau transaksi untuk memverifikasi otorisasi yang memadai, karena ketidakberadaan otorisasi yang memadai menunjukankemungkinanmasalahpengendalian.B.Pemisahan TugasPengendalian internal yang baik mensyaratkan bahwa tidak ada pegawaiyang diberi tanggung jawab terlalu banyak. Seorang pegawai seharusnya tidakberada dalam posisi untuk melakukan penipuan dan menyembunyikan penipuan
atau kesalahan yang tidak disengaja. Pemisahan tugas yang efektif dicapai ketikafungsi-fungsi berikut ini dipisahkan :1.Otorisasi : menyetujui transaksi dan keputusan2.Pencatatan : mempersiapkan dokumen sumber, memelihara catatanjurnal, buku besar dan file lainya, mempersiapkan rekonsiliasi, sertamempersiapkan laporan kinerja.3.Penyimpanan : menangani kas, memelihara tempat penyimpananpersediaan, menerima cek yang masuk dari pelanggan, menulis cekatas rekening bank organisasi.Apabila dua dari ketiga fungsi tersebut merupakan tanggung jawab satuorang, maka akan mucul masalah.C.Desain Penggunaan Dokumen serta Catatan yang MemadaiDesain dan penggunaan catatan yang memadai membantu untukmemastikan pencatatan yang akurat dan lengkap atas seluruh data transaksi yangberkaitan. Bentuk dan isinya harus dijaga agar tetap sesederhana mungkin untukmendukung pencatatan yang efisien, meminimalkan kesalahan pencatatan, danmemfasilitasi peninjauan serta verifikasi. Dokumen-dokumen yang mengawalisebuah transaksi harus memiliki ruang untuk otorisasi. Dokumen-dokumen yangdipergunakan untuk memindahkan aset ke orang lain harus memiliki ruanguntuk tanda tangan pihak penerima aset. Dalam rangka mengurangi kesempatanpenggunaan dokumen untuk penipuan, dokumen harus diberikan nomer urutyang telahdicetakterlebihdahulu,agarsetiapdokumendapatdipertanggungjawabkan.
Jejak audit yang baik memfasilitasi pelacakan kesetiap transaksi melalui sistem,perbaikan kesalahan, dan verifikasi output sistem.D.Penjagaan Aset dan Catatan yang MemadaiKetika orang berpikir tentang penjagaan aset, mereka sering kali berpikirtentang kas dan aset fisik, seperti persediaan dan perlengkapan. Akan tetapi,dimasa sekarang ini, salah satu aset terpenting perusahaan adalah informasi.Oleh sebab itu, harus diambil langkah-langkah untuk menjaga baik aset berupainformasi maupun fisik. Prosedur-prosedur berikut ini menjaga aset terhadappencurian, penggunaan tanpa otorisasi, dan vandalisme :1.Mensupervisi dan memisahkan tugas secara efektif.

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

End of preview. Want to read all 133 pages?

Upload your study docs or become a

Course Hero member to access this document

Term
Fall
Professor
N/A

Newly uploaded documents

Show More

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture