dokumen.tips_audit-siklus-persediaan-dan-pergudangan-56ade11966fed.doc

2 prosedur penetapan harga dan kompilasi observasi

This preview shows page 13 - 15 out of 15 pages.

2. Prosedur Penetapan Harga dan Kompilasi Observasi fisik merupakan informasi utama Cutoff untuk penjualan dan pembelian. Pengujian atas catatan akuntansi untuk Cutoff dilakukan sebagai bagian dari penjualan (siklus penjualan dan penagihan) dan akuisisi (siklus akuisisi dan pembayaran) Auditor dapat menerapkan tujuan dengan menggunakan informasi yang diperoleh dari klien sebagai kerangka kerja atau referensi, termasuk deskripsi setiap item persediaan, kuantitas, harga perunit, dan nilai total. Asumsi informasi yang direfleksikan dalam listing persediaan perpetual dicatat sesuai urutan deskripsi item persediaan, dengan bahan baku, barang dalam proses, dan barang jadi disajikan terpisah. Totalnya harus sama dengan saldo buku besar umum. 3. Penilaian Persediaan Dalam melakukan pengujian penilaian persediaan (pengujian penetapan harga), auditor menghadapi tiga permasalahan. Pertama, metodenya harus sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang diterima secara umum. Kedua, penerapan metodenya harus konsisten dari tahun ke tahun. Ketiga, biaya persediaan versus nilai pasar (nilai penggantian atau realisasi bersih) harus dipertimbangkan. Penetapan Harga Persediaan yang Dibeli. Jenis utama persediaan yang termasuk dalam kategori ini adalah bahan baku, suku cadang yang dibeli, dan perlengkapan. Langkah pertama dalam memverifikasi penilaian persediaan yang dibeli, auditor harus menentukan apakah klien menggunakan metode FIFO, LIFO, rata-rata tertimbang, atau beberapa metode penilaian lainnya. Auditor juga harus menentukan biaya mana yang dilibatkan dalam penilaian item persediaan, contoh ongkos angkut, penyimpanan, diskon, dan biaya lainnya. Auditor harus menyajikan daftar item persediaan yang akan diverifikasi untuk tujuan
Image of page 13

Subscribe to view the full document.

penetapan harga dan meminta klien untuk mencari faktur vendor yang sesuai dan memeriksa faktur yang mencukupi untuk memperhitungkan seluruh kuantitas item persediaan yang diuji. Penetapan Harga Persediaan yang Dibuat. Pada penetapan harga barang dalam proses dan barang jadi, auditor harus mempertimbangkan biaya bahan baku, tenaga kerja langsung, dan overhead manufakatur. Dalam menetapkan harga bahan baku untuk membuat produk, auditor harus mempertimbangkan biaya per unit bahan baku maupun jumlah unit yang diperlukan untuk membuat unit output. Biaya per unit dapat diverifiksi dengan memeriksa faktur vendor atau file induk persediaan perpetual, memeriksa spesifikasi rekayasa, memeriksa barang jadi, atau menemukan metode yang serupa guna menentukan jumlah unit yang diperlukan untuk membuat suatu produk. Ketika menguji tenaga kerja langsung, auditor harus memverifikasi biaya per jam tenaga kerja langsung, dan jumlah jam yang diperlukan untuk membuat suatu produk. Overhead Manufaktur tergantung pada pendekatan yang digunakan klien untuk mengalokasikan overhead manufaktur. Auditor harus mengevaluasi metode yang sedang digunakan menyangkut konsistensi dan kelayakan serta menghitung ulang biaya untuk menentukan apakah overhead sudah benar. Jika klien memiliki catatan biaya standar, metode yang efisien untuk menentukan penilaian adalah mereview dan menganalisis varians. Varians bahan, tenaga kerja, dan overhead manufakatur yang kecil merupakan bukti keandalan catatan biaya tersebut.
Image of page 14
Image of page 15
  • Spring '16
  • Jane

{[ snackBarMessage ]}

What students are saying

  • Left Quote Icon

    As a current student on this bumpy collegiate pathway, I stumbled upon Course Hero, where I can find study resources for nearly all my courses, get online help from tutors 24/7, and even share my old projects, papers, and lecture notes with other students.

    Student Picture

    Kiran Temple University Fox School of Business ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    I cannot even describe how much Course Hero helped me this summer. It’s truly become something I can always rely on and help me. In the end, I was not only able to survive summer classes, but I was able to thrive thanks to Course Hero.

    Student Picture

    Dana University of Pennsylvania ‘17, Course Hero Intern

  • Left Quote Icon

    The ability to access any university’s resources through Course Hero proved invaluable in my case. I was behind on Tulane coursework and actually used UCLA’s materials to help me move forward and get everything together on time.

    Student Picture

    Jill Tulane University ‘16, Course Hero Intern