20 Mengawasi dan mereview laporan keuangan dan sistem yang terkait untuk

20 mengawasi dan mereview laporan keuangan dan sistem

This preview shows page 26 - 31 out of 36 pages.

20. Mengawasi dan mereview laporan keuangan dan sistem yang terkait untuk ketepatan dan kesempurnaan. 21. Mengontrol hutang piutang setiap bulannya dengan membuat buku besar seperti buku besar hutang Bank BRI, Standard Chartered,hutang leasing,hutang lain-lain,Piutang Pegawai,Piutang Pusat,piutang pihak ke III. 22. Mengontrol pembayaran kelas Kerjasama (Cabang) dengan membuat buku besar pembayaran setiap bulannya. 23. Merekap data pendingan Deskripsi Kerja Lokasi Unit Kerja Politeknik Informatika Nasional terletak di Jalan Sultan Alauddin No. 250 Kota Makassar, Propinsi Sulawesi-Selatan.
Image of page 26
Rincian Tugas Kegiatan Bagian Keuangan pada Politeknik Informatika terperinci sebagai berikut: a) Bagian Keuangan menerima dana kas kecil melalui persetujuan wakil Direktur II menggunakan surat Permintaan Pengisian Kembali Kas Kecil (PPKKK). b) Kemudian kas kecil tersebut biasanya akan digunakan untuk operasional kantor perharinya. c) Ketika akan menggunakan kas kecil pengguna dari devisi mana pun harus mengisi dan menandatangani bukti pengeluaran kas yang kemudian setelah uang digunakan harus mengembalikan nota sesuai dengan kemana uang digunakan. d) Kemudian bagian keuangan akan mencatat transaksi tersebut ke dalam rekap pengeluaran kas kecil berupa data excel yang kemudian akan dikirimkan kepada direktur utama melalui email. e) Selanjutnya rekapitulasi tadi akan dicetak yang kemudian akan disatukan dengan lampiran-lampiran nota sesuai pengeluaran hari itu.
Image of page 27
Kegiatan di atas penulis gambarkan dalam bentuk flowchart di bawah ini: WAKIL DIREKTUR I BAGIAN KEUANGAN PPKKK Tidak Otorisasi form PPKKK Ya PPKKK Terotorisasi Memeriksa rekap Penggunaan Dana Kas Kecil Mulai Mengisi PPKKK PPKKK PPKKK Proses Pengelolaan Dana Kas Kecil Rekap Penggunaan Dana Kas Kecil Proses Penyimpanan Data Selesai Gambar 4.1. Flowchart Pengelolaan Dana Kas Kecil Sumber Arsip Politeknik Informatika Nasional
Image of page 28
Tanggung Jawab Tanggung jawab penulis pada Politeknik Informatika Nasional adalah: a) Memastikan setiap transaksi yang menggunakan kas kecil telah direkap b) Memastikan data yang sesuai dengan nota transaksi yang ada c) Memastikan laporan kas kecil telah dibuat dengan benar dan tepat. Target yang Diharapkan Target yang diharapkan perusahaan bagi penulis pada Politeknik Informatika Nasional: a) Dapat membuat rekap kas kecil secara benar dan tepat b) Dapat memberi pertanggung jawaban pada setiap laporan yang disajikan kepada Wakil Direktur II. Deskripsi Alat dan Produk Perangkat Lunak/Perangkat Keras yang Digunakan Perangkat Keras yang digunakan di Politeknik Informatika Nasional yaitu: 1. Komputer Komputer ini digunakan untuk merekap semua transaksi pada pengeluaran kas kecil di perusahaan. 2. Printer Printer ini digunakan untuk mencetak setiap laporan untuk kemudian diarsipkan sesuai dengan bulan dan tahun transaksi pengeluaran kas kecil. Perangkat Lunak yang digunakan di Politeknik Informatika Nasional yaitu: Microsoft Office Excel digunakan untuk memproses transaksi pengeluaran kas kecil.
Image of page 29
Data dan Dokumen yang Diolah/Dihasilkan Penulisan mini riset ini tidak akan berjalan baik jika tidak disertakan dengan data dan dokumen yang diolah dan dihasilkan. Adapun data dan dokumen yang
Image of page 30
Image of page 31

You've reached the end of your free preview.

Want to read all 36 pages?

  • Fall '17
  • DOSEN

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

  • Left Quote Icon

    Student Picture

Stuck? We have tutors online 24/7 who can help you get unstuck.
A+ icon
Ask Expert Tutors You can ask You can ask You can ask (will expire )
Answers in as fast as 15 minutes